Now Reading
Langkah-Langkah Mudah Usaha Studio Untuk Penggemar Fotografi

Langkah-Langkah Mudah Usaha Studio Untuk Penggemar Fotografi

Usaha studio foto dapat menjadi pilihan untuk Anda yang gemar fotografi. Selain menjalankan hobi, usaha ini juga mampu menjadi penghasilan yang menjanjikan. Tidak harus langsung besar, Anda dapat membuka usaha ini dari mulai yang kecil dan peralatan yang sederhana.

Studio foto

Banyak yang menganggap bahwa membuka usaha studio foto membutuhkan biaya yang besar mengingat peralatan fotografi memiliki harga yang mahal. Namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Anda dapat memulainya dengan peralatan pokok seperti kamera, backrground, dan aneka lampu.

Langkah mudah merintis usaha studio foto

  1. Menentukan jenis produk dan layanan studio foto

Jika Anda berminat membuka bisnis studio foto maka Anda harus persiapkan dulu layanan apa yang akan Anda berikan. Pada intinya Anda telah memiliki gambaran tentang bisnis Anda. Hal ini sangat berpengaruh saat Anda melakukan promosu ke calon pelanggan.

Layanan yang Anda berikan misalnya pemotretan untuk pernikahan, dokumentasi event, foto prewedding, foto model, foto produk, dan lainnya. Selain itu Anda apakah Anda menawarkan jasa edit foto dan cetak foto. Layanan tersebut harus dipahami dari awal agar Anda dapat mempersiapkan segala kebutuhan untuk bisnis Anda.

  1. Menentukan harga produk dan layanan

Langkah selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam merintis usaha studio foto selanjutnya adalah dengan menentukan harga produk dan layanan yang Anda berikan. Untuk menentukan biaya, Anda dapat disesuaikan dengan besarnya kebutuhan atau permintaan konsumen.

Apabila harga produk telah ditetapkan maka Anda dapat membentuk katalog. Adapun Anda dapat membuat harga khusus atau harga paket misalnya untuk foto pernikahan maupun foto prewedding.

  1. Melakukan promosi

Ini merupakan salah satu cara mudah untuk mengenalkan usaha studio foto Anda ke masyarakat. Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menawarkan ke orang-orang terdekat seperti keluarga, teman kantor, atau teman semasa kuliah.

Untuk menarik konsumen Anda juga dapat menawarkan promo spesial. Seperti diskon 50 persen untuk foto ulang tahun dan lain sebagainya.

  1. Melengkapi peralatan fotografi
Peralatan fotografi

Apabila Anda telah menjalankan usaha ini dan mulai mendapatkan penghasilan lebih maka tidak ada salahnya untuk melengkapi berbagai kebutuhan untuk studio foto Anda. Lengkapi koleksi kamera maupun lensa, peralatan tambahan seperti display studio, dan sebagainya.

Itulah beberapa langkah awal menjalankan usaha studio foto yang dapat Anda lakukan. Menjalankan usaha sesuai hobi memang sangat menyenangkan dan membuat seseorang semangat menjalankan bisnisnya.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top