Now Reading
5 Faktor Penentu Harga Emas Naik dan Turun yang Wajib Anda Tahu

5 Faktor Penentu Harga Emas Naik dan Turun yang Wajib Anda Tahu

Emas menjadi salah satu logam mulia primadona sebagian besar orang karena harga emas naik dan cenderung naik sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai sarana investasi.

Investasi emas mulai populer beberapa tahun ini, dahulunya emas masih digunakan sebagai perhiasan, banyak orang yang membeli emas berupa perhiasan seperti kalung, cincin dan gelang untuk dikenakan atau bahkan nantinya untuk dijual.

Di era yang semakin berkembang, emas mulai dijadikan investasi dan biasa dikenal dengan istilah investasi emas. Harga emas naik dan turun memang tidak stabil, inilah yang menjadi nilai tambah jika anda memang berivestasi emas. Namun tahukah anda pa penyebab harga emas naik dan turun, jika belum berikut ini adalah ulasannya.

– Krisis Internasional

Harga emas naik turun kali ini berasal dari faktor eksternal atau biasa disebut dengan krisis internasional atau krisis globa. Biasanya hal ini mempengaruhi kepercayaan pasar global atau komoditas tertentu. Kondisi ini biasanya juga berpengaruh terhadap harga emas , bahkan komoditi lain juga bisa terkena dampaknya.

– Inflasi

Inflasi menjadi momok menakutkan bagi ekonomi dunia, kondisi ini akan mempengaruhi devaluasi mata uang dan pastinya kondisi ini membuat pembelian emas akan menurun, dan harga emas juga akan turun.

– Produksi Emas

See Also

Mengacu pada faktor ini bisa dibilang sangat krusial, produksi emas untuk memasok kebutuhan seluruh dunia ada hitungannya. Jika produksi emas kurang atau kelebihan hal ini akan sangat mempengaruihi harga emas naik dan turun.

– Pasokan dan Permintaan

Pasokan emas dan permintaan terhadap emas sudah barang tentu akan mempengaruhi harga emas itu sendiri. Pasalnya, jika permintaan meningkat maka akan membuat harga emas pun ikut naik, terlebih lagi jika pasokan emas mulai berkurang.

– Nilai Dolas AS

Mata uang paling dominan di dunia masih dipegang oleh Dolar AS. Dolar AS digunakan sebagai mata uang utama dalam perdagangan internasional. Kondisi jika mata uang dolar menguat maka harga emas melemah, dan jika mata uang melemah maka harga emas akan naik.

Nah beberapa faktor diatas merupakan penentu baik dari segi eksternal maupun internal harga emas naik turun. Namun kondisi saat ini emas bisa dibilang stabil dan hal ini menyebabkan emas sangat diburu oleh sebagian besar orang untuk dijadikan investasi menguntungkan.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.