Now Reading
Magnet Investasi: KEK Kendal Menarik Perhatian Investor Global di Jawa Tengah

Magnet Investasi: KEK Kendal Menarik Perhatian Investor Global di Jawa Tengah

Kawasan Ekonomi Khusus alias KEK Kendal di Jawa Tengah muncul sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan, menarik minat investasi asing, dan membuka peluang pekerjaan bagi ribuan tenaga kerja. Dalam laporan terbaru, pemerintah mengungkapkan bahwa KEK Kendal telah menyerap 44.349 tenaga kerja dengan investasi mencapai Rp43,8 triliun hingga akhir tahun 2023.

Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Nasional, Susiwijono Moegiarso, menyoroti peran KEK Kendal dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri di kawasan tersebut. Program Link and Match diluncurkan untuk memfasilitasi lebih banyak tenaga kerja lokal, yang telah berhasil menyerap ribuan tenaga kerja dari berbagai latar belakang pendidikan, termasuk lulusan SMK dan bahkan mereka yang belum menamatkan pendidikan dasar.

“Saat ini, proyeksi keterserapan tenaga kerja dengan tingkat pendidikan SMK di KEK Kendal mencapai 44.499 orang. Ini adalah bukti komitmen KEK Kendal dalam mengembangkan SDM untuk meningkatkan daya saing,” ungkap Susiwijono.

Industri yang berkolaborasi dengan pendidikan menjadi landasan utama dalam mencapai visi Indonesia sebagai negara maju pada tahun 2045. KEK Kendal, sebagai salah satu kawasan industri yang berkembang pesat, memiliki peran kunci dalam mencapai target tersebut dengan fokus pada industri manufaktur.

KEK Kendal bukan hanya menjadi tujuan investasi global di Indonesia, tetapi juga dinilai sebagai yang terbaik di antara KEK lainnya di seluruh Indonesia. Data menunjukkan bahwa pembangunan 20 KEK di Indonesia hingga tahun 2023 telah memberikan kontribusi signifikan terhadap investasi dan penciptaan lapangan kerja.

Pemerintah menargetkan peningkatan investasi baru untuk KEK Kendal sebesar Rp77,5 triliun serta penyerapan tambahan tenaga kerja mencapai 38.277 orang pada tahun 2024. Hal ini menandai komitmen pemerintah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja melalui pengembangan kawasan industri seperti KEK Kendal.

See Also
Ilustrasi saham di Pasar Modal (Unsplash)

Dengan capaian yang mengesankan dan prospek yang cerah, KEK Kendal terus menjadi pusat perhatian dalam dunia investasi dan pembangunan ekonomi di Jawa Tengah dan bahkan di tingkat nasional.

Demikian informasi seputar pertumbuhan investasi KEK Kendal . Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Denotasi.Com.

© 2023 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top