Now Reading
Fitur Iklan Tiktok yang Efektif dan Mudah Jangkau Pengguna Lain

Fitur Iklan Tiktok yang Efektif dan Mudah Jangkau Pengguna Lain

Ilustrasi TikTok bisnis (foto-dok-tiktok)

Denotasi.com – Selain menyediakan alat pengeditan video, platform media sosial TikTok juga menawarkan fitur yang sangat bermanfaat, yaitu TikTok Ads. Fitur ini digunakan oleh pengiklan untuk menjalankan iklan mereka. Penggunaan fitur iklan di TikTok relatif mudah dan efektif untuk menjangkau pengguna lain.

Cara Menggunakan Fitur Iklan di TikTok

Salah satu keunggulan fitur iklan yang disediakan oleh TikTok adalah kemampuan pengiklan untuk menjangkau pengguna dengan anggaran yang terjangkau. Ini berarti bahwa Anda dapat mencapai efek viral TikTok melalui fasilitas iklan.

Pengguna dapat menyesuaikan anggaran iklan mereka dengan jumlah yang hanya mencapai ratusan ribu saja. Berikut langkah-langkahnya:

Membuat Akun di TikTok Ads

  1. Pertama, masuk ke TikTok for Business. Untuk mengaksesnya, Anda dapat menggunakan akun TikTok yang sudah ada.
  2. Jika Anda belum memiliki akun, Anda perlu membuatnya terlebih dahulu dengan mengklik “sign-up”.
  3. Selanjutnya, Anda harus membuat akun iklan dengan mengisi beberapa informasi yang diminta. Pastikan Anda mengikuti semua petunjuk dengan cermat.

Membuat Campaign

Setelah masuk, Anda akan berada di dashboard TikTok Ads, di mana Anda dapat mulai membuat kampanye sesuai kebutuhan Anda.

  1. Pilih tab “campaign” yang terletak di bagian atas.
  2. Klik “create” dan “create new” jika halaman baru muncul.
  3. Pilih tujuan kampanye, seperti awareness dengan memilih reach, consideration dengan pilihan traffic, app install, video views, hingga conversion. Setiap pilihan dapat disesuaikan dengan tujuan iklan Anda.
  4. Anda juga harus menentukan anggaran iklan Anda. Anda memiliki opsi untuk membayar biaya harian atau secara total.
  5. Setelah itu, klik “continue”.

Menentukan Detail dan Target

Anda perlu menentukan penempatan iklan dan target pasar yang ingin Anda jangkau melalui iklan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur detail dan target:

  1. Anda akan diarahkan ke dashboard TikTok Ads.
  2. Di sini, Anda harus memilih penempatan dan target iklan. Anda juga dapat memilih opsi penempatan otomatis (auto placement) untuk optimasi kinerja iklan.
  3. Masukkan semua informasi yang diminta. Anda juga dapat memasukkan URL atau tautan ke situs web atau toko online yang Anda targetkan.
  4. Pilih kata kunci yang relevan dengan produk atau konten yang ingin Anda iklankan (maksimal 20 kata kunci). Kata kunci berfungsi untuk mencocokkan produk Anda dengan audiens yang tepat.
  5. Dalam penargetan, Anda dapat memilih audiens target dengan menetapkan parameter berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, minat, dan lainnya.

Menentukan Anggaran dan Jadwal

Penting untuk diingat bahwa anggaran minimum untuk iklan di TikTok adalah sekitar Rp500.000,00 per hari. Anda juga perlu menentukan jadwal penayangan iklan.

See Also
Ilustrasi negosiasi bisnis (Unsplash)

Menentukan Format dan Desain Iklan

Anda dapat merancang konten iklan, baik berupa video atau gambar dengan berbagai orientasi. Anda juga dapat menambahkan musik latar dan berbagai efek ke dalam konten.

Setelah iklan Anda disetujui, TikTok akan mulai mendistribusikan konten iklan tersebut. Anda dapat memantau kinerja iklan Anda melalui dashboard iklan TikTok.

Demikianlah informasi mengenai cara menggunakan fitur iklan di TikTok. Jangan ragu untuk mengunjungi Denotasi.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

© 2023 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top