Now Reading
Cara Mengatasi Susah BAB Secara Alami

Cara Mengatasi Susah BAB Secara Alami

BAB atau buang air besar yang lancar dapat menandakan bahwa pencernaan dalam tubuh kita lancar. Selain itu BAB juga dapat menandakan berbagai masalah kesehatan yang sedang dialami tubuh. BAB yang tidak lancar merupakan suatu masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan. BAB yang tidak lancar dapat menyebabkan perut anda sakit, tidak nyaman, dan terlihat buncit. Jika anda mengalami masalah susah buang air besar, simak cara-cara untuk memperlancar BAB sebagai berikut.

  1. Konsumsi banyak serat
Mangga mengandung banyak serat

Cobalah untuk lebih memerhatikan lagi asupan yang anda berikan pada tubuh anda beberapa hari terakhir ketika anda mengalami susah BAB. Susah BAB salah satunya disebabkan oleh kurang serat. Serat sanga dibutuhkan bagi tubuh terlebih lagi jika usia anda sudah memasuki kepala empat. Serat sangat berguna untuk memperlancar BAB karena serat merupakan makanan memperlancar pencernaan. Anda bisa mengkonsumsi serat yang terkandung dalam buah-buahan atau sayuran seperti mangga. Selain itu anda juga bisa mendapatkan serat melalui roti gandum. Konsumsilah serat secara bertahap agar pencernaan anda tidak kaget dan tidak memproduksi gas berlebih.

  1. Perbanyak air putih

Seperti yang telah diketahui bahwa air putih sangat dibutuhkan tubuh tidak hanya berfungsi pada kesehatan jantung dan kulit namun air putih juga sangat berguna untuk pencernaan. Konsumsi air putih minimal delapan gelas per hari untuk membantu pencernaan anda menjadi lancar dan sebagai cara alami melancarkan BAB setiap hari.

  1. Berendam dengan garam inggris
Sakit perut susah BAB

Garam Epsom atau yang lebih dikenal dengan nama garam inggris, adalah garam yang bila dicampur air akan menjadi magnesium dan sulfat. Garam inggris sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Caranya adalah dengan melarutkan 3 sampai 5 sendok makan garam pada bak mandi atau bathtub dengan air hangat dan gunakan untuk berendam atau mandi.

See Also

  1. Olahraga

susah membuang air besar juga dapat disebabkan oleh tubuh yang kurang beraktivitas. Cobalah untuk melakukan olah raga ringan seperti berjalan selama 30 menit setiap hari untuk memperlancar aliran darah juga membantu pencernaan anda bekerja lebih optimal. Olah raga sangat baik untuk tubuh yang mengalami maslah pencernaan.

Jika cara-cara di atas sudah anda coba namun tidak memberikan hasil yang memuaskan cobalah untuk periksakan ke dokter yang ahli dan lakukan pemeriksaan secara menyeluruh agar anda dapat mengetahui penyebab pasti susah BAB dan mendapat obat untuk memperlancar BAB anda.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.