Now Reading
Minat Baca Indonesia Terus Meningkat, Simak Trik Berikut Ini

Minat Baca Indonesia Terus Meningkat, Simak Trik Berikut Ini

Minat baca masyarakat Indonesia semakin membaik. Hal ini dibuktikan dengan Inggris yang baru saja merilis 20 daftar negara dengan minat baca yang tinggi, Indonesia menempati urutan nomor 15 dan mengalahkan negara-negara maju seperti Argentina, Jerman, dan Kanada. Negara dengan tingkat minat baca tertinggi diraih oleh India dengan capaian di atas 10 jam. Indonesia sudah mencapai lebih dari 6 jam per minggu.

Membangun minat baca pada masyarakat terus dikembangkan dan ditingkatkan oleh pemerintah dan juga dengan peran aktif masyarakat. fasilitas perpustakaan sekolah juga ikut ditingkatkan setiap tahunnya. Dari 514 kabupaten/kota, hanya 22 yang belum memiliki perpustakaan. Pengadaan literasi perpustakaan dengan fasilitas berbasis teknologi dan internet juga sedang dikembangkan terus oleh pemerintah dengan salah satu upaya yaitu pembuatan aplikasi iPusnas.

Aplikasi iPusnas merupakan aplikasi resmi yang dibuat dan dikelola oleh pemerintah. Dalam aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mendaftar secara gratis dan mengakses berbagai buku dalam bentuk digital yang bisa dipinjam secara online untuk dibada di smart phone masing-masing anggota secara gratis. Meningkatnya minat baca masyarakat Indonesia juga ditunjukkan dari klaim akses ke iPusnas mencapai 2.000 per menit.

Berikut ini beberapa cara agar suka membaca.

  1. Bacaan menarik
Minat baca indonesia

Jika ingin suka membaca maka mulailah membaca bacaan yang menarik minat anda. Dengan membaca tulisan yang sesuai dengan minat anda maka anda akan lebih bersemangat dalam membaca.

  1. Buat jadwal

Jika permasalahan ada pada rasa malas maka buatlah jadwal untuk anda membaca sebagai cara menumbuhkan minat membaca. Anda bisa membuat jadwal satu minggu sekali selama dua sampai tiga jam atau setiap hari selama satu jam. Usahakan ketika memasuki jam untuk membaca, jauhkan alat komunikasi atau elektronik yang bisa mengganggu konsentrasi anda. Jika jadwal membaca tersebut dapat anda lakukan selama satu bulan penuh maka anda akan terbiasa membaca dan tambahkan jangka waktu pada bulan berikutnya.

  1. Suasana nyaman
Pria sedang membaca buku

Jika anda ingin suka membaca maka buatlah suasana ruangan membaca anda nyaman. Kenyamanan saat membaca sangat diperlukan agar jangka waktu membaca anda dapat maksimal.

See Also

Itulah beberapa car untuk meningkatkan minat baca yang dapat anda coba. Perhatikan jarak mata anda dengan buku ketika membaca. Sesuaikan dengan jarak yang dianjurkan agar kesehatan mata anda tidak terganggu dan gunakan penerangan yang cukup agar mata anda tidak mudah lelah.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.