Now Reading
Pentingnya Asuransi Penyakit Kritis: Contoh dan Jaminan Perlindungannya

Pentingnya Asuransi Penyakit Kritis: Contoh dan Jaminan Perlindungannya

llustrasi asuransi penyakit kritis (Freepik)

Denotasi.com – Penyakit kritis merupakan ancaman kesehatan yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Memang tidak ada satupun orang yang ingin terkena penyakit, namun kita tetap harus mewaspadai risiko penyakit kritis. Masalah kesehatan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor meski sekalipun orang sudah menerapkan gaya hidup sehat.

Kasus penyakit kritis tercatat menjadi penyebab banyak kematian. Tak hanya membahayakan keselamatan jiwa, penyakit kritis juga membuat seseorang harus mengeluarkan banyak biaya untuk berobat. Biaya pengobatan untuk penyakit kritis terbilang mahal karena penanganannya yang kompleks dan membutuhkan waktu lama.

Itulah mengapa penting untuk setiap orang untuk melakukan tindakan preventif maupun antisipasi terhadap risiko penyakit kritis di kemudian hari. Salah satu caranya dengan menggunakan asuransi penyakit kritis sebagai rencana jangka panjang untuk mengatasi biaya kesehatan.

Asuransi penyakit kritis sangat bermanfaat sebagai solusi untuk membantu biaya kesehatan di masa mendatang. Sayangnya tidak sedikit orang yang belum paham akan pentingnya jenis asuransi ini. Lantas apa itu asuransi penyakit kritis dan manfaatnya untuk perlindungan kesehatan?

Apa Itu Asuransi Kritis?

Asuransi penyakit kritis adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan untuk berbagai jenis penyakit kritis, seperti kanker, serangan jantung, stroke, dan kondisi medis serius lainnya. Pertanggungan biaya pengobatan penyakit kritis didapatkan oleh pengguna asuransi sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam polis asuransi.

Apabila seseorang menerima diagnosis penyakit kritis selama masa keberlakuan polis, perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah uang pertanggungan. Dana tersebut dapat digunakan untuk menanggung biaya perawatan medis, menggantikan dana yang dikeluarkan, atau mengatasi pengeluaran lain yang dibutuhkan untuk menangani penyakit yang diderita.

Pada prinsipnya, asuransi penyakit kritis memberikan kompensasi berupa uang tunai ketika tertanggung menerima diagnosis salah satu penyakit kritis. Dengan catatan, penyakit kritis yang ditanggung sesuai dengan cakupan polis asuransinya.

Sebaliknya, bagi mereka yang tidak memiliki perlindungan ini tentunya harus menanggung sendiri biaya pengobatan dan berbagai pengeluaran lainnya. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki asuransi penyakit kritis sebagai perlindungan finansial Anda saat menghadapi masalah kesehatan.

Jenis-Jenis Penyakit Kritis

Penyakit kritis merupakan suatu kondisi medis dalam kategori serius dan dapat berdampak signifikan pada kesehatan dan kehidupan seseorang. Umumnya, penyakit ini melibatkan gangguan pada organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal, otak, atau organ lainnya.

Jika mengidap penyakit kritis, umumnya akan menimbulkan dampak serius terhadap kemampuan seseorang menjalani hidupnya.

Individu yang menderita penyakit kritis memerlukan perawatan medis intensif, sehingga proses pengobatan dan pemulihannya dapat memakan waktu yang lama dan juga melibatkan biaya yang tinggi.

Berikut ini jenis-jenis penyakit kritis yang umumnya ditanggung dalam polis asuransi:

  • Stroke
  • Kanker
  • Diabetes
  • Penyakit jantung
  • Gangguan ginjal
  • Penyakit saraf
  • Penyakit akibat nyamuk
  • HIV/AIDS

Pentingnya Memiliki Asuransi Penyakit Kritis

Mengingat biaya pengobatan atau perawatan untuk penyakit-penyakit di atas terbilang mahal, maka diperlukan asuransi untuk mengkaver tanggungan keuangannya. Berikut ini pentingnya memiliki asuransi penyakit kritis yang wajib Anda pahami:

Memberikan Perlindungan Finansial:

Memiliki asuransi penyakit kritis memberikan jaminan finansial yang dapat diandalkan saat menghadapi penyakit serius seperti kanker, serangan jantung, stroke, dan penyakit kritis lainnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang biaya pengobatan yang tinggi, karena asuransi ini akan menjamin tanggungan biayanya.

Asuransi penyakit kritis akan memberikan pembayaran tunai yang dapat Anda gunakan untuk membayar biaya medis, obat-obatan, dan perawatan khusus selama proses pemulihan. Sebagai contoh, jika tertanggung didiagnosis dengan penyakit arteri koroner dan memenuhi syarat dalam polis asuransi penyakit kritis, uang pertanggungan dapat digunakan untuk prosedur angioplasti membuka arteri koroner yang mengalami penyumbatan dan penyempitan.

Sebagai Pelengkap Asuransi Lainnya

Meskipun sudah memiliki asuransi kesehatan atau BPJS kesehatan, asuransi penyakit kritis tetap penting untuk dimiliki. Jenis asuransi ini dapat menjadi pelengkap perlindungan finansial Anda dalam menghadapi risiko kesehatan di kemudian hari.

Dengan memiliki asuransi penyakit kritis, Anda bisa mengajukan klaim dan menerima pertanggungan meskipun biaya perawatan telah ditanggung dengan asuransi lain. Misalnya saat tertanggung didiagnosis mengalami penyakit kanker, penyakit kardiovaskular, penyakit neurologis, atau gagal ginjal. Dengan demikian, dapat lebih fokus pada proses penyembuhan tanpa perlu khawatir tentang biaya tak terduga lainnya.

See Also
Ilustrasi wawancara kerja (Unsplash)

Mudah Diperoleh dan Terjangkau

Asuransi penyakit kritis termasuk salah satu jenis asuransi di Indonesia yang mudah diperoleh dan terjangkau. Calon tertanggung dapat memilih paket asuransi sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Memberikan Ketenangan Pikiran

Beberapa metode medis baru seringkali tidak dicakup oleh asuransi kesehatan konvensional. Dengan memiliki asuransi penyakit kritis, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya perawatan yang tidak tercakup oleh asuransi kesehatan umum. Asuransi yang Anda gunakan dapat memberikan pertanggungan pada berbagai macam penyakit kritis, sehingga Anda bisa lebih tenang apabila mengalaminya.

Bagaimana, sangat penting bukan memiliki asuransi penyakit kritis sebagai perlindungan finansial dari risiko kesehatan yang mungkin terjadi di kemudian hari. Saat akan membeli produk asuransi penyakit kritis, jangan asal memilih. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan supaya bisa memilih asuransi penyakit kritis yang tepat.

Ketika memilih asuransi penyakit kritis sebagai jaminan perlindungan Anda nantinya, perhatikan kesesuaian pertanggungan dengan kebutuhan Anda, pilih premi dengan harga yang sesuai kemampuan finansial, serta memilih perusahaan asuransi yang terpercaya dan bereputasi baik.

Selain itu, Anda juga bisa memilih perusahaan yang menawarkan program promo untuk pembelian asuransi penyakit kritis. Salah satu yang bisa Anda pilih adalah promo asuransi Roojai. Dengan memanfaatkan layanan promo pembelian asuransi ini, Anda bisa menghemat keuangan.

Anda bisa memilih asuransi penyakit kritis yang ditawarkan oleh Roojai sebagai perusahaan asuransi terpercaya dan menyediakan layanan berkualitas. Produk asuransi penyakit kritis dari Roojai memberikan cakupan pertanggungan yang cukup lengkap, sehingga akan membuat Anda lebih tenang dan merasa aman dalam menghadapi masalah kesehatan yang tidak terduga.

Produk asuransi penyakit kritis dari Roojai menanggung sebanyak 103 jenis penyakit yang termasuk dalam 5 kategori, yaitu 79 jenis penyakit kanker, 11 jenis penyakit saraf, 5 kondisi gangguan jantung, 3 kondisi penyakit ginjal, hingga 5 jenis penyakit akibat gigitan nyamuk.

Selain itu, Roojai juga menyediakan layanan asuransi dengan proses pembelian yang mudah, premi ringan, proses klaim mudah, hingga adanya 2.000 jaringan rumah sakit rekanan.

© 2023 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top