Now Reading
Senjata tercanggih di dunia karya anak bangsa

Senjata tercanggih di dunia karya anak bangsa

Upaya dalam melindungi bangsa dan negara membuat semua berlomba menciptakan sejata paling canggih. Tak terkecuali dengan bangsa Indonesia yang sempat membuat dunia takjub dengan kemampuan juga keahlian Indonesia dalam membuat senjata- senjata tercanggih di dunia dalam berperang. Bagaimana senjata canggih karya anak bangsa berikut hingga terkenal di mata dunia, simak ulasan berikut.

  1. Sniper SPR 2
Sejata canggih dunia senapan sniper spr 2

Indonesia patut bangga karena memiliki PT Pindad yang selalu menjadi sorotan bangsa luar atas produksi alat-alat tempur yang super canggih. PT Pindad mampu membuat senapan sniper SPR 2 yang membuat dunia militer internasional gempar. Sebab senapan SPR 2 ini mampu menjangkau target dengan jitu dalam jarak lebih dari 2 km. Tidak hanya kehebatan jarak jauh yang mampu dijangkau peluru, jenis peluru yang dipilih untuk senjata sniper SPR 2 ternyata ditakuti banyak negara. Peluru ini mampu menembus kendaraan lapis baja sekalipun.

  1. Robot tank

Rupanya mahasiswa ITS pun tak ingin tinggal diam dalam upaya pertahanan dan keamanan negara dengan mengembangakan kemampuan di bidang teknologi. Mereka berhasil  membuat kendaraan taktis mini tanpa awak pertama. Tank robot yang dikendalikan lewat remote control ini dirancang, dirakit dan diproduksi sendiri. Produk tersebut belum diproduksi massal, masih berupa purwarupa. Tank ini diberi nama War-V1, lengkap dengan desain, mekanik, rancang kendali elektronis. robot tank tersebut sudah dilirik oleh Kodam Kodam VI/Mulawarman di Balikpapan, serta Batalyon Kavaleri 8 Divisi Infantri 2 Kostrad di Bandung.

  1. Panser Badak
Panser Badak senjata tercanggih

Lagi-lagi masih dari produk PT Pindad, yang tak kalah hebat dari senjata tercanggih  SPR 2 yaitu Panser Badak dan bahkan lebih unggul dari panser tarantula buatan Korsel. panser buatan anak bangsa bermanuver lebih tinggi dan harga yang jauh lebih murah. Panser ini memiliki berat hingga 14 ton dan untuk mendukung laku kendaraan didukung dengan mesin diesel dari Renault, yaitu Diesel Inline 6 silinder Tubo Charger Intercooler berkapasitas 10.800 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 340 horsepower. Meski berbadan besar dan dilengkapi persenjataan berat, panser ini mampu mencapai kecepatan puncak hingga 90 kilometer per jam. Memiliki dimensi panjang 6 meter, lebar 2.5 meter dan tinggi 2,9 meter, Badak Pindad memiliki kemampuan jelajah yang cukup luas sekitar 600 kilometer. Untuk urusan kenyamanan dan kemampuan menghadapi medan yang ekstrem, PT Pindad menyematkan Independent Double Wisbone tanpa Spring ke Badak.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top