Now Reading
Fakta Vandalisme Oleh Sekelompok Orang Berbaju Hitam di Malang

Fakta Vandalisme Oleh Sekelompok Orang Berbaju Hitam di Malang

Aksi vandalisme yang dilakukan sekelompok orang berbaju hitam pada acara Mayday di Kota Malang dikecam oleh berbagai pihak. Kelompok orang tidak bertanggung jawab tersebut melakukan aksi corat-coret di jembatan Jalan Gajah Mada.

Vandalisme di Kota Malang

Padahal bangunan tersebut merupakan cagar budaya yang harus dilestarikan. Akibat dari aksi tersebut beberapa komunitas di Kota Malang melakukan pembersihan dengan mengecat ulang jembatan.

Berikut fakta vandalisme di kota Malang

  1. Kecaman terhadap aksi vandalisme

Sejumlah pihak mengecam aksi vandalisme yang dilakukan sekelompok orang di cara hari buruh. Beberapa komunitas seperti Musik Malang Bersatu Indonesia dan Arek Malang bahkan tersentuh dan melakukan aksi pembersihan.

Selain mengecat ulang jembatan, komunitas tersebut juga melakukan pertunjukan hiburan music di kasawan jembatan Jalan Gajah Mada.

Vandalisme di Kota Malang
  1. Tak anti dengan aksi buruh

Koordinator aksi peduli cagar budaya, Herman Wijaya mengungkapkan bahwa pihaknya dan beberapa komunitas di Kota Malang tidak anti terhadap buruh. Namun dirinya menyayangkan karena ada beberapa oknum buruh yang melakukan tindakan tidak terpuji dan merusak cagar budaya.

Menurutnya aksi vandalisme harus diperangi. Jika sebagian orang hanya dapat melakukan kecaman lewat social media, pihaknya mengaku ingin melakukan aksi nyata yakni dengan melakukan pengecatan.

See Also

  1. Pemerintah harus lebih responsive

Aksi yang dilakukan sejumlah komunitas juga diharapkan menjadi salah satu pemicu agar pemerintah kota Malang lebih responsive, khususnya dalam menjaga cagar budaya. Aksi vandalisme merupakan bentuk perusakan yang memang harus ditindak tegas. Terlebih lagi bangunan yang dicorat-coret merupakan cagar budaya yang harus dilestarikan.

  1. Pelaku harus diusut tuntas

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang meminta agar pemerintah maupun polrestabes Malang mengusut tuntas aksi tidak terpuji tersebut. Butuh penangan eksta untuk mengatasi permasalah tersebut. Untuk itu pihaknya menyarankan agar ada kerja sama antar lintas instansi dan organisasi.

Sementara Wali kota Malang sangat mengecam aksi vandalisme karena telah mencoreng keindahan kota malang. Untuk itu, dirinya berjanji akan memerangi aksi vandalisme yang terjadi di Kota Malang.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top