Now Reading
Fokus Pembangunan SDM di Periode Keduanya, Jokowi Bakal Ganti Menteri Ini?

Fokus Pembangunan SDM di Periode Keduanya, Jokowi Bakal Ganti Menteri Ini?

Guna menyelesaikan target pada pembangunan SDM di periode kedua ini, Jokowi bakal ganti menteri ekonomi. Ini alasannya.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi berjanji pada periode kedua pemerintahannya yakni pada tahun 2019-2024 akan fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Untuk mencapai semua itu, pemerintahan Jokowi akan segera mencopot beberapa menteri ekonomi.

Alasan Jokowi Bakal Ganti Menteri Ekonomi di Pemerintahannya Jilid II

Jokowi akan ganti menteri ekonomi (suara.com)

Guna mencapai target tersebut, Ekonom Cebtre of Reform in Economics (CORE), Piter Abdullah mengatakan, menteri ekonomi di kabinet baru Presiden Jokowi harus mampu menyesuaikan dengan target pemerintahan pada periode kedua ini,

Ini artinya ada kemungkinan dua menteri di bidang ekonomi yang saat ini menjabat bakal diganti oleh tokoh baru.

“Infonya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Keuangan akan diganti. Saya sependapat kalau dua posisi ini ditempati oleh tokoh baru. Bukan karena yang lama jelek atau tidak berprestasi. Tapi lebih untuk menyesuaikan dengan target Pak Jokowi di periode yang kedua,” ujar Piter.

“Di periode kedua kita tahu Pak Jokowi sudah tidak ada beban. Seperti Beliau sampaikan sendiri. Jadi harusnya lebih berani dengan target yang lebih tinggi,” imbuhnya.

Piter juga menyebutkan sejumlah nama yang kemungkinan pantas untuk mengisi menteri ekonomi di pemerintahan Jokowi Jilid II.

See Also

“Banyak nama yang beredar diantaranya Chatib Basri, Hendri Saparani dan Denny Purbasari. Saya kira nama-nama ini layak dipertimbangkan dengan menimbang rekam jejak mereka selama ini. Kalau Menteri Bappenas kayaknya tidak akan diganti,” ungkapnya.

Lain halnya dengan Menteri Ekonomi yang akan ada perombakan di pemerintahan Jokowi Jilid II.

Dua menteri pada Kabinet Kerja yakni Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dinilai patut dipertahankan untuk masuk kedalam jajaran kabinet pemerintahan Jokowi Jilid II.

Bhima Yudhistria, Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) mengatakan, Basuki Hadimuljono layak untuk dipertahankan menjadi menteri sebab ia telah meunjukkan kinerja yang baik dalam membangun sektor infrastruktur.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.