Now Reading
Menteri Susi dan Sri Mulyani, Siapa yang Paling Populer di Medsos

Menteri Susi dan Sri Mulyani, Siapa yang Paling Populer di Medsos

Siapa yang Paling Populer di Media Sosial, antara Menteri Susi dan Sri Mulyani?

Mungkin banyak dari kalian yang sudah mengetahui bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Keuangan Sri Mulyani adalah dua Srikandi yang populer di kalangan kabinet kerja.

Menurut kalian, kira-kira siapa diantara keduanya yang paling populer?

Center for Digital Society Universitas Gadjah Mada (CfDS UGM) mengadakan riset mengenai popularitas menteri kabinet kerja di media sosial. Hasilnya, adalah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti lah yang menjadi menteri paling populer di dunia maya.

Susi Pudjiastusti, Menteri Paling Populer di Media Sosial

Treviliana Eka Putri selaku peneliti CfDS mengatakan, Menteri Susi menjadi menteri paling dikenal di dua platform medsos terpopuler, yakni Twitter dan Instagram. Menurutnya, popularitas tersebut menyangkut hubungan interaksi Menteri Susi dengan pengikutnya.

Jika dilihat dari jumlah pengikut (follower) Menteri Susi mencapai 3,29 juta akun. Di Instagram, pengikutnya mencapai 2,3 juta, sedangkan di Twitter 964 ribu.

Susi Pudjiastuti, Menteri Paling Populer di Media Sosial (wartakota.tribunnews.com)

Di media sosialnya Instagram, sepak terjang perempuan kelahiran Pangandaran ini cukup menarik. Bagaimana tidak? Jumlah postingan yang diunggahnya hanya 288 kali. Namun, jumlah pengikutnya bisa melewati menteri lainnya seperti Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi (389 ribu pengikut) dan 2.948 post) atau Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri (116 ribu pengikut dan 1.854 post).

Sedangkan di Twitter-nya, Menteri Susi tercatat sangat aktif dari sisi interaksi dengan pengikutnya sebesar 1,47 juta dengan 23 ribu cuitan. Jumlah cuitan tersebut hampir menyamai Menteri Agama, Lukman H. Saifuddin sebanyak 27 ribu tweets meski level hubungan interaksinya lebih rendah jika dibanding Menteri Susi.

See Also

Berikut Urutan Beberapa Menteri di Kabinet Kerja yang Paling Populer di Media Sosial

  1.  Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (3,29 juta pengikut)
  2. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (1,39 juta pengikut)
  3. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi (740 ribu pengikut)
  4. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (471 ribu pengikut)
  5. Menko Polhukam Wiranto (442 ribu pengikut)

Peneliti CfDS menerangkan bahwa media sosial ini menjadi salah satu media bagi para elit politik untuk bisa mmendekatkan diri dengan masyarakat.

Menurutnya, memang tidak semua menteri aktif dan memiliki media sosial.

“Dari riset ini kita bisa tahu, bahwa faktor umur sebenarnya tidak mempengaruhi keaktifan media sosial. Hal ini terbukti dimana Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto yang notabene usianya paling e=senior di Kabinet Kerja, tergolong cukup aktif fi media sosial,” tandasnya.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.