Now Reading
Begini Nih Cara Menghitung Dana Pensiun dengan Benar

Begini Nih Cara Menghitung Dana Pensiun dengan Benar

Supaya masa tua aman sejahtera, ketahuilah cara menghitung dana pensiun yang benar.

Saat ini banyak anak muda yang mulai menyadari akan pentingnya mempersiapkaan hari tua. Pasalnya menua adalah garis taakdir yang tidak bisa dihindarkan. Pada saatnya nanti, kalian akan berhenti bekerja dan mulai memasuki masa pensiun kalian. Jadi tidak ada lagi pemasukan bulanan yang akan menopang segala kebutuhan sehari-hari. Semuanya terhenti. Oleh karena itu, merencanakan dana pension bisa jadi menjadi alternatif terbaik untuk tetap memenuhi kebutuhan di masa tua.

Lantas bagaimana cara menghitung dana pensiun yang sesuai dengan kebutuhan di masa depan?

Cara Menghitung Dana Pensiun

Nah untuk menghitung dana pensiun, kalian perlu merencanakannya dengan matang. Misalnya, jika kalian mempunyai rencana akan pensiun pada usia 45 tahun dan saat ini umur kalian sudah 25 tahun, maka waktu yang masih kalian miliki sekitar 20 tahun. Biaya hidup kalian saat itu tentu saja berbeda dengan biaya hidup kalian saat ini.

Seperti yang diketahui bahwa dana pensiun merupakan dana masa depan yang kalian terima. Maka sangatlah penting fungsinya untuk mencukupi kebutuhan kalian di masa depan, meskipun biaya hidup terus meningkat sih.

Menabung adalah cara bijak untuk menjamin kebutuhan pensiun kelak (femina.co.id)

Untuk itu, sebelum menghitung dana pensiun, kalian perlu mengetahui kira-kira jumlah inflasi atau kenaikan harga kebutuhan per tahunnya.

Rata-rata inflansi yang terjadi yakni sekitar 10% per tahun dari harga barang. Ini artinya, jika saat ini kebutuhan hidup kalian berkisar Rp. 5 juta per bulan, maka bisa saja kebutuhan anda akan meningkat menjadi Rp. 5,5 juta per bulannya. Dan seterusnya.

See Also

Dalam jangka 25 tahun mendatang, nilai kebutuhan kalian yang berjumlah Rp. 5 juta ini akan setara dengan Rp. 54,1 juta. Jika kalian membuat perkiraan dengan hidup lebih lama sekitar 20 tahun pasca pensiun, maka dana pensiun harus bida menutupinya sebagai jumlah kebutuhan tiap bulan.

Adanya perkiraan awal tersebut, maka kalian perlu melakukan investasi dana pensiun sekitar Rp 500 ribu pada produk yang sekiranya bisa memberikan return hingga 25% per tahun.Itulah gambaran mengenai cara menghitung dana pensiun yang bisa kalian coba. Semoga perhitungan investasi dana pensiun yang sudah dijelaskan diatas tadi dapat membantu kalian dalam hal mempersiapkan masa pensiun yang lebih baik. Bekerja sembari menyisihkan uang untuk menjamin kebutuhan pensiun kelak. Semoga bermmanfaat.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.