Now Reading
Motor bmw touring R80GS yang pantas disebut legend

Motor bmw touring R80GS yang pantas disebut legend

Dunia otomotif yang semakin hari semakin berlomba mengeluarkan produk terbarunya. Baik dari motor untuk keperluan harian, advanture, sampai koleksi. Sehingga terjadi banyak sekali pergantian muncul dan tenggelamnya sebuah merk motor. Nah dalam ulasan kali ini, bagi anda yang senang sekali dengan aktifitas touring motor besama komunitas anda perlu mengenal legenda dalam sejarah motor bmw touring yaitu R80GS.

Bila pabrikan Jepang memiliki produk genre advanture, seperti Kawasaki Verys-X dan Honda Africa Twin, Indonesia pun tak ingin kalah. Saat ini di pasar motor Indonesia, telah banyak beredar motor dengan genre adventure touring, salah satunya ialah varian termurah BMW Motorrad saat ini, BMW R310 GS. Namun, jauh sebelum kemunculan motor-motor tersebut, BMW Motorrad lebih dulu menjelajah dengan BMW R80 GS. Genre motor satu  ini meluncur pada 1980 silam di ajang IFMA sebelum akhirnya disuntik mato pada 1987. Berarti usia motor bmw touring R80 GS sudah mencapai sekitar 32 tahun semenjak kemunculannya.

Motor BMW_touring R80GS

Tentu untuk menjadi sebuah legend motor bmw touring bukan hanya soal usia saja. Lantas, apa yang membuat BMW R80 GS terbilang istimewa? bmw antic keluaran pabrikan asal Jerman tersebut adalah produk pertama yang mengusung genre adventure-touring. Selain itu, mesinnya berkonfigurasi boxer (flat-twin) berpendingin udara, serta sudah menggunakan shaft. Salah satu sisi unik dari motor ini juga adalah ukuran tangki yang bisa dibilang tidak normal yaitu 38 liter. Tapi jangan salah kalau ternyata motor ini hanya memiliki kapasitas 800 cc, relatif lebih kecil daripada motor BMW saat ini.

See Also

Motor BMW_touring R80GS

Tidak hanya sampai di situ, motor keluaran BMW ini ternyata menggabungkan dua karakter yang salinb berbeda dan menghasilkan kelas baru alam dunia kendaraan roda dua, yakni motor enduro touring. R80 GS selain gesit di jalan perkotaan, juga mampu melewati medan buruk dan menantang di luar perkotaan. Namun Kini, BMW R80 GS terlahir kembali dalam kapasitas mesin yang jauh lebih besar, yaitu BMW R nineT Urban GS. Meski demikian, ciri khas BMW R80 GS itu masih ada, seperti cover lampu depan, stang fatbar, dan velg jari-jari. Begitupun dengan yang memiliki BMW yang masih asli R80 GS biasanya enggan melepas ke pasaran meski peminatnya banyak. Memang pantas disebut legend kan?

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.