Now Reading
Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Memiliki Penghasilan Tak Pasti

Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Memiliki Penghasilan Tak Pasti

Hal pertama yang perlu dipahami bagi orang yang ingin terjun ke dunia bisnis adalah harus siap memiliki penghasilan yang tak pasti setiap bulannya. Terlebih jika bisnis yang dijalankan masih baru dan belum memiliki pasar yang luas.

Kondisi tersebut yang membuat banyak wirausahawan muda terpaksa mundur karena salah satu faktor yang dialami adalah tidak dapat menutup modal atau mengalami kebangkrutan. Untuk itu, dibutuhkan tekad dan semangat yang pantang menyerah untuk menjalankan sebuah bisnis.

Tips bisnis untuk pemula

Ilustrasi pengusaha sukses
  1. Tentukan pendapatan minimal

Dalam menjalankan bisnis, Anda harus tahu berapa minimal pendapatan yang harus diperoleh dalam satu hari hingga bulan. Jadi perkirakan berapa jumlah uang yang didapat.

Jika Anda mendapatkan penghasilan Rp 100 ribu per hari maka dalam waktu satu bulan Anda dapat memperkirakan pendapatan mencapai Rp 3 juta. Dengan begitu Anda akan lebih mudah mengatur perkiraan pengeluaran untuk makan, listrik, dan sebagainya.

  1. Buat skala prioritas

Jika Anda telah mengetahui pendapatan minimal per bulan maka Anda harus tahu uang tersebut nantinya digunakan untuk apa. Untuk itu buat skala prioritas, yakni menentukan kebutuhan sehari-hari. Setelah tahu pengeluaran bulanan yang harus dikeluarkan maka sisa uang menjadi hal yang harus Anda kelola dengan baik.

Ilustrasi mengelola keuangan
  1. Antisipasi pengeluaran besar

Pengeluaran besar tanpa perencanaan yang matang merupakan kehancuran. Terkadang ada hal-hal yang tidak disangka dan itu membutuhkan pengeluaran yang besar. Untuk menghindari hal yang buruk terhadap keuangan Anda maka buatlah perencanaan yang matang sesuai dengan pendapatan minimal.

See Also

  1. Tentukan dana darurat

Dana darurat penting untuk diperhatikan. Jika Anda hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti sakit maka dana tersebut dapat dipakai. Untuk itu setidaknya sisihkan 5 persen pendapatan minimal untuk dana darurat.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis, khususnya untuk Anda yang baru mulai berwirausaha.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.