Now Reading
Pesawat tempur rusia paling canggih dan mematikan

Pesawat tempur rusia paling canggih dan mematikan

Serangan udara menjadi pilihan pertahanan sekaligus penyerangan berbagai negara. Rusia sampai saat ini masih dianggap menjadi negara dengan pesawat tempur yang canggih dan mematikan. Bahkan kecanggihannya terus dibenahi dalam setiap generasi untuk mendapat pesawat tempur paling mutakhir.

Berikut ini daftar Pesawat- pesawat tempur rusia yang masih terus menjadi sorotan dunia.

  1. Sukhoi Su-27

Pesawat tempur Sukhoi Su-27 (oleh NATO dinamakan “Flanker”) adalah upaya jawaban Soviet terhadap AS pada akhir 1970, di mana AS memamerkan pesawat tempur F-15 dan F-16. Pesawat Rusia ini dapat membawa berbagai senjata ke udara termasuk R-27R1, sebuah rudal jarak menengah serbaguna.
Flanker telah berulang kali mengambil peran baru dalam skuad Angkatan Udara Rusia. Pesawat tersebut telah dikembangkan dalam berbagai varian, seperti Su-34 “Fullback” dan Su-33 “Flanker-D”. pesawat sukhoi ini telah digunakan Angkatan Udara di seluruh dunia, terutama India dan China. Indonesia dan Vietnam juga tercatat ikut menerbangkan pesawat Su-27 di Asia.

Pesawat tempur rusia sukhoi-27
  1. MiG-29

pesawat tempur ini berukuran kecil dan menempuh jarak pendek. Pesawat MiG-29 yang oleh NATO dinamai “Fullcrum” juga telah diproduksi massal.
Pesawat ini lebih kecil dari pesawat Su-27. Namun, Jerman menilai pesawat MiG-29 lebih lincah dari pesawat F-16. Pesawat MiG dirancang sebagai pesawat tempur multiperan dan dapat dilengkapi dengan rudal udara seperti rudal AA-8. Fullcrum sudah banyak diekspor selama Perang Dingin dan sesudahnya. Contoh, Yugoslavia pernahmenggunakan MiG-29 dalam Perang Balkan tahun 1990-an. Pemerintah Suriah juga masih mengandalkan MiG-29. Kuba, Iran dan Korea Utara juga diketahui menggunakan pesawat MiG-29 untuk memperkuat Angkatan Udaranya.

  1. Tupolev Tu-160
Tupolev-Tu-160 pesawat tempur rusia

Pesawat pembom strategis Rusia ini sudah dibuat sejak era Soviet. Pesawat ini oleh NATO dinamai “Blackjack”. Tu-160 dapat melesat dengan kecepatan maksimum 2.220 km/jam. Ini jauh melebihi kecepatan pesawat pembom AS seperti B1-B Lancer (1.448 km/jam) dan B-52 (1.000 km/jam). Tu-160 dirancang untuk membawa senjata nuklir dan konvensional. Pesawat ini mampu membawa hulu ledak nuklir 200 kt dengan jangkauan hingga 3.000 km. Pada 2015, Rusia adalah satu-satunya negara yang masih menerbangkan Tupolev. Rusia berambisi membangun 50 pesawat Tu-160 tambahan yang menjadi pesawat tempur rusia tercanggih yang tak lekang oleh zaman.

See Also

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.