Now Reading
Tradisi Lebaran di Indonesia yang Tak Ada di Negara Lain

Tradisi Lebaran di Indonesia yang Tak Ada di Negara Lain

Setiap wilayah pasti memiliki tradisi lebaran yang unik, begitu juga dengan tradisi lebaran di Indonesia. Tradisi inilah yang membuat banyak orang selalu ingin kembali ke kampung halaman dan menikmati momen tersebut di sana. Ada banyak tradisi lebaran di Indonesia yang masih terus berlangsung, apa saja sih tradisi lebaran yang masih ada dan membuat kita selalu rindu dengan lebaran?

Berikut tradisi lebaran di Indonesia yang tidak akan kamu jumpai di negara lainnya.

Mudik

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas, itulah mengapa bepergian atau merantau menjadi suatu tradisi atau kebiasan dari masyarakat kita. Lebaran menjadi momen yang sangat tepat untuk pulang kampung dan bersua kembali dengan sanak saudara, sebab liburan ini terbilang sangat panjang dan memberi waktu yang cukup untuk bepergian jauh sekalipun.

Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di jalan tol Palikanci, Cirebon,

Halal Bi Halal

Tradisi yang satu ini telah dilakukan sejak lama sekali, di mana orang akan saling mengunjungi dan merayakan Lebaran bersama keluarga besar, teman-teman, kerabat, tetangga, atau bahkan mereka yang lainnya yang kita anggap penting untuk kita kunjungi. Momen ini merupakan waktu yang tepat untuk bermaaf-maafan. Halal Bi Halal bahkan masih akan dirayakan setelah momen lebaran berlalu seperti di sekolah, di kantor, atau tempat lainnya.

Takbir Keliling

Tradisi lebaran di Indonesia akan selalu disambut dengan kumandang takbir sebagai tanda kemenangan setelah melakukan puasa selama sebulan penuh. Pada momen ini akan terlihat bagaimana kebersamaan masyarakat tetap terjaga dengan baik, mereka akan turun ke jalan dan merayakannya di sana, baik itu menggunakan kendaraan ataupun sekedar berjalan kaki beramai-ramai.

See Also

Tradisi lebaran di Indonesia akan selalu disambut dengan kumandang takbir sebagai tanda kemenangan

Tunjangan Hari Raya

Tunjangan Hari Raya (THR) adalah sejumlah uang yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawannya di Hari Raya, jumlahnya akan disesuaikan dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Namun, bukan hanya perusahaan saja yang akan memberikan THR kepada karyawannya. Masyarakat juga memiliki sebuah tradisi pemberian THR kepada anak-anak. Pemberian THR menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh anak-anak dengan bahagia.

Baju Baru

Tradisi lebaran di Indonesia  yang satu ini begitu lekat dan selalu di jalankan oleh banyak orang yaitu menggunakan baju baru ketika hari raya. Meski hanya sebagai simbol atau kebiasaan saja, tetapi hal ini hampir selalu identik dengan perayaan Lebaran setiap tahunnya. Tradisi membeli baju baru untuk dipakai saat hari lebaranpun didukung oleh berbagai pusat perbelanjaan yang ramai memberi diskon besar-besaran. Oleh karena itu, tradisi lebaran di Indonesia yang satu ini masih banyak yang melestarikannya.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.