Now Reading
Pentingnya Analisis Bisnis Plan Untuk Menentukan Arah Bisnis Anda

Pentingnya Analisis Bisnis Plan Untuk Menentukan Arah Bisnis Anda

Apa itu bisnis plan? Bagaimana langkah membuat bisnis plan? Untuk mengetahuinya, yuk simak artikel dibawah ini.

Apa sih bisnis plan itu? Bisnis plan atau rencana bisnis adalah pernyataan formal dan tertulis mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan cara mencapai tujuan tersebut.

Kenyataannya banyak orang yang gagal membuat sebuah rencana bisnis disaat akan melakukan bisnis. Beberapa orang meyakini yang penting dari sebuah bisnis adalah jalankan saja?

Setujukah Anda dengan pertanyaan ini?

Jika saya boleh berpendapat, saya akan bilang setuju ketika berbisnis salah satu hal yang penting adalah jalankan.

Namun jalan tanpa sebuah rencana adalah perbuatan yang kurang bijak. Bukankah demikian?

Namun jangan khawatir, ada kok beberapa cara membuat bisnis plan yang bisa kalian lakukan untuk bisnis kalian.

Berikut Langkah Membuat Bisnis Plan yang Wajib Anda Ketahui

1.Pahami Struktur Rencana Bisnis yang Anda Pilih

Pastikan Anda memahami betul konsep dan rencana bisnismu, sehingga Anda bisa memfokuskan diri.

Maksud dari memfokuskan diri ini adalah bisa mendeskripsikan usaha Anda, mengetahui pasar potensial, pahamm dengan produk yang Anda jual serta bagaimana struktur dari manajeman bisnis Anda.

Nah, jika sudah paham, barulah Anda bisa melakukan analisis pasar dan iklim persaingan dari usaha, sehingga Anda bisa meminimalkan berbagai resiko.

Pentingnya Bisnis Plan untuk Menentukan Arah Bisnis (id.techinasia.com)

2. Menyusun Rencana Bisnis

Pastikan bahwa apa yang ada dalam bagian ini memiliki nilai positif yang akan membedakan usaha Anda dengan model usaha lainnya. Tentu saja, Anda juga harus memasukkan analisis pasar ke dalamnya. Anda bisa mengeksplorasi tentang tujuan pasar yang telah Anda tinjau sebelumnya di bagian ini.

Lalu, ada juga bagian penjelasan struktur usaha yang menjelaskan tim manajemen yang ada di usaha Anda.

Lanjut dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Maksudnya di sini adalah Anda menerangkan dengan detail apa yang Anda jual. Strategi pemasaran dan penjualan produk juga harus ada.

See Also

Terakhir, masukkan proposal pendanaan. Hal ini butuh Anda cantumkan kalau usaha yang akan Anda jalankan membutuhkan pendanaan dari investor.

3. Tentukan Rencana Bisnis

Menentukan rencana bisnis adalah hal penting yang harus dilakukan setiap pengusaha. Mau itu usaha kecil atau besar, tetap saja harus ada rencana. Sebenarnya, rencana usaha ini memiliki isi berupa tujuan usaha, struktur, analisis pasar, proyeksi keuangan, dan pendapatan.

Dalam hal ini, Anda harus membagi rencana bisnis Anda ke dalam beberapa bagian. Bagian pertama adalah untuk jangka pendek. Lalu, dilanjutkan dengan jangka menengah, dan terakhir adalah jangka panjang. Hal ini bisa membuat Anda mudah dalam menentukan keberhasilan usahamu.

4. Konsultasi dengan Ahlinya

Tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk konsultasi dengan ahli di bidang ini bila belum mengerti bagaimana cara menyusun rencana bisnis.

Jangan pernah malu mencari info dari mereka yang sudah berkecimpung lebih dulu di dunia ini, sehingga Anda bisa lebih paham dengan seluk beluk dunia bisnis. Anda juga bisa minta bantuan akuntan atau analisis keuangan.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.