Now Reading
Akibat Kurang Tidur pada Kesehatan yang Kurang Diperhatikan

Akibat Kurang Tidur pada Kesehatan yang Kurang Diperhatikan

Tidur merupakan aktivitas alami yang dilakukan oleh makhluk hidup. Tidur menjadi sangat penting karena tubuh yang seharian beraktivitas akan membutuhkan istirahat untuk kemudian mengisi ulang energi yang akan digunakan untuk aktivitas selanjutnya. Kurang tidur tentunya akan membuat kesehatan anda terganggu. Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan dari akibat kurang istirahat atau kurang tidur.

  1. Kekebalan tubuh melemah

Jika anda mengalami gangguan tidur dalam jangka waktu yang panjang salah satu dampak pada kesehatan yang cepat terlihat adalah melemahnya sistem imun. Anda jadi lebih mudah terserang penyakit seperti flu, batuk, dan sakit kepala karena kurang tidur. Flu dan batuk tentunya akan semakin memperparah kondisi tubuh yang mengalami gangguan tidur. Penyakit-penyakit yang terlihat sepele ini jika dibuarkan atau terjadi berulang-ulang tentunya akan menimbulkan penyakit lainnya. Atasi segara gangguan tidur untuk memperbaiki imunitas anda.

  1. Gangguan ingatan

Ketika seseorang tidur otak akan mengalami proses yang disebut dengan pembelajaran dan ingatan. Otak akan mengulang kembali kejadian yang telah dialami selama seharian beraktivitas dan kemudian menyimpannya dalam memori. Cepat lupa menjadi ciri ciri orang kurang tidur yang paling mudah terlihat karena kerja otak dalam menyimpan memori terhambat pada kurangnya waktu tidur. Dengan kata lain tidur diperlukan bagi otak untuk mengunci informasi terbaru.

  1. Penuaan dini

See Also

Dampak negatif kurang tidur selanjutnya adalah kesehatan kulit berupa penuaan dini. Seseorang yang mengalami gangguan tidur cenderung akan terlihat lebih tua karena kulit akan melakukan perbaikan danperemajaan ketika seseorang tidur. Kulit pada orang kurang tidur akan mengalami gangguan seperti berkurangnya kelembaban yang akan berdampak pada timbulnya garis-garis halus sebagai tanda penuaan dini, lingkar hitam pada bagian bawah mata, warna kulit tidak rata, dan kulit yang mengendur.

Kurang tidur juga akan menyebabkan banyak masalah lainnya seperti gangguan pada jantung, meningkatkan resiko kanker, terganggunya konsentrasi, dan juga terganggunya emosi. Gangguan tidur sebaiknya segera ditangani karena akan mempengaruhi kesehatan organ pada tubuh. Anda bisa mengatasi gangguan tidur dengan obat-obat herbal alami yang aman untuk dikonsumsi sehari-hari untuk membantu anda tidur dengan baik dan waktu tidur terpenuhi. Idealnya orang dewasa membutuhkan tidur selama 7 hingga 9 jam per hari namun remaja pada usia awal pertumbuhan setidaknya memerlukan 8 hingga 10 jam tidur dalam satu hari.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.