Now Reading
Knalpot mobil keluar air, apakah mesin mobil anda baik-baik saja

Knalpot mobil keluar air, apakah mesin mobil anda baik-baik saja

Kebanyakan para pemilik kendaraan seperti mobil akan memanaskan mesin di pagi hari. Tapi, banyak yang cemas ketika ada air yang menetes dari lubang knlapot ketika mesin dipanaskan.  Hal itu wajar terjadi karena kondisi mesin dan knalpot di pagi hari yang didominasi oleh suhu rendah. Agar lebih yakin, yuk simak ulasan berikut mengapa knalpot keluar air.

Sama dengan sistem pernafasan manusia dari oksigen akan menghasilkan karbondioksida dan uap air. Begitu pula pada mesin mobil, di dalam mesin juga terjadi pembakaran sama seperti sistem pernafasan manusia. Namun pada mesin, pembakaran berlangsung menggunakan bahan bakar bensin dan oksigen. Hasil pembakaran antara bensin dengan oksigen, akan menghasilkan karbondioksida dan uap air hanya ketika perbandingan oksigen dan bensin yang akan dibakar itu ideal. Ideal disini, artinya jumlah molekul keduanya seimbang sesuai rumus kimianya.

Knalpot mobil keluar air tanda mesin bekerja sempurna

Ada sekitar 18 molekul air dalam satu siklus pembakaran. fungsi knalpot mobil dalam hal ini adalah sebagai saluran keluarnya air tersebut. Karena gas hasil pembakaran tersebut akan dikeluarkan melalui knalpot. Tapi perlu diingat juga, kalau uap air ini hanya terbentuk ketika pembakaran mesin mobil anda berlangsung sempurna dengan perbandingan molekul bensin dan oksigen itu 2 : 25.

Oleh sebab itulah, mesin-mesin dengan sistem injeksilah yang sering mendapati air dari knalpot ini. Apalagi di pagi hari, dimana suhu knalpot, suhu mesin serta suhu kamar juga masih rendah. Uap air yang dihasilkan akan langsung mengembun dan menghasilkan banyak tetesan air. Jadi kesimpulannya adalah kalau anda mendapati knalpot mobil keluar air, itu bukan berarti ciri knalpot mobil bocor ataupun radiator yang bocor. Air radiator yang bocor ke mesin, tidak akan keluar melalui knalpot. Dan kalaupun air radiator itu bocor ke mesin, pasti akan masuk ke ruang engkol dan bercampur dengan oli bukan keluar dari knalpot.

See Also

Knalpot mobil keluar air

Sebaliknya, air yang keluar dari bagian knalpot mobil itu menandakan pembakaran mesin mobil anda berlangsung sempurna sesuai perbandingan rumus kima diatas. Tapi, anda juga perlu memperhatikan kondisi mobil anda. Kalau air yang keluar dari knalpot itu cukup banyak, bisa jadi mufler pada knalpot kemasukan air. Air ini bisa masuk ketika proses mencuci mobil. Namun secara umum ini tidak menjadi masalah. Selain itu, perhatikan juga warna air yang keluar.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.