Now Reading
3 Gerakan untuk Mengatasi Nyeri Punggung, Sering Mengalaminya?

3 Gerakan untuk Mengatasi Nyeri Punggung, Sering Mengalaminya?

Apakah kamu pernah mendengar salah seorang kawan mengeluhkan soal sakit punggung? Atau malah Anda pernah merasakannya sendiri: nyeri punggung tak tertahankan yang membuat tubuh terasa tak nyaman.

Nah, buat Anda yang sudah lama bergulat dengan masalah ini, coba aja terapkan gerakan untuk mengatasi nyeri punggung di bawah. Hanya butuh waktu 5 menit, maka sakit punggung bakal berkurang.

Relaksasi Tulang Belakang

Cara melakukannya, duduk di lantai dengan posisi kaki di depan.Ganjalkan bantal atau selimut di bawah lutut dan di tengah-tengah antara perut dan paha. Tekuk tubuh Anda hingga kepala menyentuh bantal, tahan selama 5 menit.

Relaksasi tulang belakang

Gerakan ini bisa sangat berguna. Pasalnya, gerakan ini mampu mengurangi tegangan di otot punggung, menyingkirkan otot yang terlalu kejang, dan mengembalikan tulang punggung jadi tegap.

Regangkan Otot pantat, Paha Dalam dan Punggung

Cara melakukannya, duduk di lantai dengan lutut di tekuk dan kaki lurus dengan lantai. Setlah itu, jadikan pantat sebagai tumpuan, angkat kedua kaki dan silangkan kaki kiri di atas kaki kanan.

Pegang kaki kiri Anda dengan tangan kanan dan kaki kanan dengan tangan kiri. Kemudian, tarik kedua kaki sedekat mungkin menuju tubuh. Tahan pose ini selama 1-2 menit, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi lagi pose ini dari posisi yang lain.

Regangkan Otot pantat

Meregangkan otot pantat, pinggul dan paha bisa jadi satu solusi untuk mengurangi rasa sakit punggung. Bagaimanapun, ketiga otot ini kerap digunakan untuk pergerakan tubuh bagian atas. Sedangkan gerakan yang tepat bisa mengurangi kelelahan otot di daerah ini. Jika sudah begitu, nyeri otot pun bisa berkurang.

Meregangkan Otot Psoas

Cara melakukannya, berbaring dengan kaki lurus dan lengan di samping. Letakkan bantal atau balok kayu tepat di bagian bawah pinggul. Setelah itu, letakkan otot psoas yang berada di antara pantat dan tulang belakang di bantal tersebut. Tahan posisi ini selama 5 menit.

Meregangkan Otot Psoas

For your information, otot psoas bekerja terus menerus untuk menstabilkan pinggul. Sehingga, jika otot psoas bekerja terlalu banyak bisa membuatmu nyeri punggung.

Nah, itulah 3 gerakan untuk mengatasi nyeri punggung yang bisa kamu coba sendiri. Bisa di rumah atau di tempat kerja. Yang pasti, bisa kamu lakukan di manapun tanpa memakan banyak waktu.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top