Now Reading
Botol Plastik yang Aman Digunakan Berulang Kali Memiliki Tanda Berikut

Botol Plastik yang Aman Digunakan Berulang Kali Memiliki Tanda Berikut

Penggunaan botol plastik air mineral dari berbagai merek yang banyak di pasaran ternyata menyumbang banyak sampah lingkungan. botol minum plastik atau tumbler tengah digemari oleh sebagian besar masyarakat dunia sebagai upaya untuk menjaga lingkungan dan juga salah satu cara untuk menghemat uang. Tetapi botol minum yang banyak dijual di pasaran tidak semuanya aman digunakan agar tidak salah pilih kenali beberapa tips memilih botol plastik yang aman digunakan berulang kali berikut ini.

  1. Material

Pada dasarnya botol yang aman digunakan berkali-kali adalah yang terbuat dari bahan poliester, polikarbonat, polietilena, polipropilena, besi (stainless steel), alumunium, atau kaca. Jika anda cari botol yang tahan lama sebaiknya anda pilih yang terbuat dari stainless steel dan alumunium namun kelemahannya terletak ketika bahan sudah mulai korosi dan biasanya kandungan zat besi dan serpihan alumunium akan menimbulkan rasa yang aneh pada air minum Anda.

Macam botol plastik yang aman
  1. Perhatikan tanda

Anda bisa mengecek label dan nomor kode pada bagian bawah botol. Tanda tersebut berupa gambar segitiga yang di dalamnya terdapat angka. Di bawah gambar segitiga, biasanya juga tercantum tulisan yang menjelaskan jenis plastik yang digunakan. Produk dengan angka 1 artinya hanya dapat digunakan satu kali. Produk dengan angka 2 dan 4 tergolong cukup aman untuk digunakan dua sampai tiga kali. Sedangkan botol untuk minum bernomor 3, 6, dan 7 merupakan tanda cukup berbahaya dan berisiko tinggi. Yang paling aman adalah yang berangka 5 karena berbahan polipropilena yang dinilai lebih aman dari gangguan risiko kesehatan.

  1. BPA Free

Anda dapat memilih botol plastik yang mencantumkan label BPA-Free yang berarti bebas kandungan BPA. BPA atau Bisphenol A merupakan bahan kimia yang banyak digunakan dalam kemasan makanan dan minuman. BPA telah dikaitkan dengan berbagai macam efek bahaya bagi kesehatan, mulai dari cacat lahir, masalah dengan otak dan fungsi sistem saraf, kelainan reproduksi, dan beberapa jenis kanker.

See Also

Memilih botol plastik yang aman
  1. Berlubang lebar

Tips memilih botol untuk digunakan berulang kali yang terakhir adalah yang memiliki lubang lebar. Lubang yang lebar memungkinkan anda untuk membersihkan botoh hingga ke dasar dengan lebih mudah dibandingkan dengan botol plastik dengan lubang yang kecil. Lubang yang lebar juga lebih memudahkan anda untuk mengisi ulang botol plastik anda dan mengurangi resiko minuman tumpah ketika sedang diisi ulang.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.