Now Reading
Diresmikan Presiden Jokowi, Tol Pandaan-Malang Gratis Hingga Lebaran

Diresmikan Presiden Jokowi, Tol Pandaan-Malang Gratis Hingga Lebaran

Jokowi meresmikan tol Pandaan-Malang, untuk tarif tol ini digratiskan hingga mudik lebaran 2019.

Presiden Jokowi kembali meresmikan jalan tol yang bisa dipakai untuk mudik masyarakat pada lebaran 2019. Jalan tol yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada Senin (13/5/2019) yakni jalan tol Pandaan-Malang.

Peresmiantiga seksi  jalan tol yang memiliki panjang 30,625 km iniditandai dengan penekanan sirine dan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Nampak juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, hingga Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Desi Arryani yang hadir mendampingi Presiden Jokowi.

Dalam sebuah amanatnya, Jokowi mengungkapkan bahwa jalan tol Pandaan-Malang akan beroperasi tanpa tarif untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat hingga libur lebaran. Ini artinya jalan tol Pandaan-Malang gratis hingga selesai hari raya idul fitri 2019.

Tol Pandaan-Malang Gratis Hingga Lebaran

Tol Pandaan-Malang gratis hingga lebaran 2019 (ayobandung.com)

“Saya sudah minta kepada Menteri BUMN supaya gratis sampai lebaran,” kata Jokowi saat meresmikan Tol Pandaan-Malang seksi 1 sampai 3di Gerbang Tol Singosari.

“Masa yang minta presiden gak dikasih,” imbuhnya disambut tawa yang hadir.

Tol Pandaan-Malang ini dibangun sepanjang 384 kilometer. Meski begitu, ruas tol yang diresmikan hanya seksi 1 hingga 3 sepanjang 30,6 kilometer, yakni dari Pandaan, Kabupaten Pasuruan hingga Singosari, Kabupaten Malang.

Untuk sisanya yakni seksi 4 sampai 5 sepanjang 7,8 kilometer dari Singosari hingga kota Malang masih pada tahap konstruksi.

Dengan diresmikannya tol tersebut, Jokowi berharap jalan tol itu dapat mempermudah mobilitas kendaraan dari dank e arah Malang.

“Semoga tol ini bisa mempercepat mobilitas orang, barang dan jasa” ujar Jokowi.

See Also

Jokowi juga berharap pertumbuhan ekonomi di Malang menjadi lebih baik.

“Kita harapkan pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik dan lebih cepat,” jelasnya.

Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani membeberkan dengan beroperasinya jalan tol Pandaan-Malang ini waktu tempuh antara Surabaya dan Malang yang sebelumnya mencapai 4-5 jam, kini menjadi 1,1,5 jam saja.

“Jarak tempuh yang begitu singkat maka akan menjadikan arus mobilisasi barang dan jasa menjadi lebih efiisien sehingga industry dan pariwisata diwilayah sekitar dapat terus tumbuh,” terangnya.

Tidak ketinggalan, Gubernur Khofifah Indar Paraswati juga berharap, diresmikannya jalan tol Pandaan-Malang diharapkan dapat memperlancar transportasi dan mobilitas orang dan barang dari Pandaan-Malang yang terkoneksi langsung ke Surabaya, maupun sebaliknya.“Jalan tol ini juga berperan signifikan sebagai penghubung daerah Malang dan Surabaya yang senantiasa dipadati oleh kendaraan, terutama saat akhir pecan atau hari libur, karena banyaknya warga yang ingin mengunjungi kawasan wisata di Malang Raya,” pungkasnya.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.