Now Reading
Pengetahuan Umum: Mana saja Daerah Penghasil Alumunium di Indonesia

Pengetahuan Umum: Mana saja Daerah Penghasil Alumunium di Indonesia

Pengetahuan Umum Mana saja Daerah Penghasil Alumunium di Indonesia

Denotasi.com – Pengetahuan Umum: Mana saja Daerah Penghasil Alumunium di Indonesia? Aluminium merupakan salah satu hasil tambang yang mempunyai ciri khas warna putih.

Logam ini mempunyai bobot ringan dan lebih tahan terhadap korosi. Tak heran jika banyak digunakan untuk berbagai hal contohnya sebagai bahan komponen pada kendaraan, sebagai produk konstruksi bangunan, perabotan rumah, dan banyak lagi.

Indonesia menjadi salah satu penghasil aluminium terbesar di dunia. Di samping terdapat Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar, di Indonesia juga tercatat mempunyai daerah penghasil aluminium terbesar.

Lalu yang menjadi pertanyaan dimana saja daerah penghasil aluminium paling besar di Indonesia? Langsung saja ketahui jawabannya pada pembahasan di bawah ini!

Deretan Daerah Penghasil Aluminium Terbesar Di Indonesia

Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan salah satu penghasil aluminium paling besar di Indonesia. Perusahaan yang mengelola sumber aluminium di Sumatera Utara salah satunya adalah PT Inalum.

Perusahaan tersebut dikelola langsung oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang sudah berdiri sejak 2013 lalu.

Daerah Asahan menjadi wilayah penghasil aluminium terbesar di Sumatera Utara. Hasil tambang aluminium yang melimpah tidak hanya mencukupi di wilayah Sumatera saja, melainkan sampai ke wilayah lain salah satunya pulau Jawa.

Papua Barat

Penghasil aluminium terbesar di Indonesia yang kedua adalah Papua Barat. Selain terdapat tambang emas, di provinsi ini juga mempunyai tambang aluminium besar. Logam ringan yang mempunyai ciri khas warna perak ini digunakan untuk mencukupi kebutuhan aluminium di wilayah sekitar serta didistribusikan ke wilayah lain seperti Pulau Jawa dan Bali.

See Also
Kaya dari Saham Ternyata Bisa dan Tidak Ribet

Kalimantan Barat

Kemudian diurutan berikutnya ada provinsi Kalimantan Barat yang juga terkenal sebagai penghasil aluminium paling besar di Indonesia. Di pulau ini tambang aluminium dikelola juga oleh PT Inalum yang merupakan perusahaan milik negara. Daerah di Kalimantan Barat yang terkenal dengan tambang aluminium terletak di Bukit Batu, Mempawah.

Riau

Yang keempat ada Riau yang juga mempunyai tambang aluminium besar. Hasil pertambangan aluminium di Riau didistribusikan ke berbagai wilayah di Tanah Air termasuk pulau Jawa dan Bali. Surganya pertambangan aluminium di Riau terletak di Bintan.

Tujuan dilakukannya pertambangan di dalam negeri tak lain adalah untuk memaksimalkan kekayaan alam dan mengurangi ketergantungan impor aluminium. Nah itulah dia pembahasan mengenai daerah penghasil aluminium terbesar di Indonesia.

Ingin tahu informasi seputar Pengetahuan umum lainnya? Pantau terus Denotasi.com.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top