Now Reading
Pernah Mendengar Kredit Aktif Ini Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Pernah Mendengar Kredit Aktif Ini Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Ilustrasi hutang (Dok. Antara) - Kredit aktif

Denotasi – Secara umum kredit aktif adalah istilah yang merujuk pada jenis pinjaman yang diberikan oleh pihak perbankan kepada nasabah. Agar lebih jelas terkait apa itu kredit aktif, artikel berikut ini akan memberi penjelasan tentang pengertian hingga manfaat untuk peminjam.

Pengertian Kredit Aktif

Perlu diketahui kredit adalah pinjaman yang berupa uang diberikan oleh lembaga keuangan kepada masyarakat yang menjadi nasabah. Dalam perbankan, ada dua jenis kredit yakni kredit aktif dan kredit pasif.

Seperti namanya, kredit aktif adalah pinjaman yang diberikan untuk kegiatan aktif produktif. Artinya pinjaman tersebut hanya diberikan kepada nasabah untuk kegiatan produktif nasabah seperti pinjaman usaha. Pinjaman aktif bisa diberikan dalam jangka waktu pendek hingga panjang.

Sebaliknya, kredit pasif adalah pinjaman yang diberikan kepada nasabah untuk kegiatan pasif non-produktif seperti deposito, giro, dan sebagainya.

Manfaat Kredit Aktif

Kredit aktif secara umum memiliki berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh nasabah yakni sebagai berikut.

  • Membantu kegiatan produktif nasabah

Kredit ini diberikan untuk kegiatan produktif. Misalnya, nasabah memiliki bisnis yang membutuhkan suntikan modal, maka ia bisa mengajukan kredit aktif. Dengan adanya kredit aktif maka kegiatan produktif nasabah bisa berkembang.

  • Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Adanya kredit aktif membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di suatu daerah. Kredit jenis ini juga berimbas baik bagi perputaran roda ekonomi.

  • Meningkatkan Penghasilan Nasabah

Manfaat lain kredit aktif adalah untuk menambah penghasilan nasabah. Peminjam secara langsung memiliki modal tambahan untuk mengembangkan bisnisnya, dan keuntungan bisa dirasakan untuk menambah penghasilan.

  • Memperluas Lapangan Kerja

Kredit aktif juga dapat memperluas lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar sehingga taraf hidup warga juga naik.

  • Pendapatan Negara Naik

Pendapatan negara juga berpotensi mengalami kenaikan. Efek ini terjadi secara berantai, artinya keuntungan tidak hanya dirasakan oleh pelaku usaha dan masyarakat, namun bagi negara.

Produk Kredit Aktif

Tidak semua pinjaman bisa disebut kredit aktif. Di perbankan, beberapa jenis produk aktif yang bisa diakses oleh masyarakat adalah sebagai berikut.

See Also
Ilustrasi saham di Pasar Modal (Unsplash)

  • Kredit Surat Berharga

Kredit surat berharga adalah jenis pinjaman yang bisa diberikan kepada masyarakat yang membeli surat berharga. Bank bisa memberikan pinjaman kepada nasabah untuk membeli surat berharga baik secara keseluruhan maupun sebagian. Sebagai gantinya, pihak perbankan akan menahan surat berharga yang berhasil terbeli hingga proses kredit selesai.

  • Aksep

Kredit ini berupa penandatanganan surat pengakuan utang atau aksep nasabah oleh pihak bank. Setelah aksep ditandatangani, nasabah bisa memperjualbelikan surat tersebut.

  • Dokumenter

Kredit ini diberikan dengan cara pihak bank memberikan pinjaman kepada nasabah, dan sebagai jaminan dokumen milik nasabah akan ditahan. Namun tidak semua dokumen bisa ditahan, salah satu dokumen yang bisa ditahan bank adalah surat pengiriman barang.

  • Reimburse

Kredit ini biasanya diberikan kepada para importir. Bank akan memberikan dana untuk pembelian barang yang diimpor. Namun nasabah harus memperlihatkan bukti pengiriman impor. Nasabah harus segera mengembalikan dana setelah dana ada atau sebagaimana perjanjian yang dilakukan di awal.

  • Rekening Koran

Pinjaman ini diberikan kepada nasabah untuk digunakan sebagaimana kebutuhannya. Namun nasabah harus memberikan jaminan seperti surat tanah, BPKB, dan lain sebagainya.

© 2023 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top