Now Reading
Aneka jajanan pasar kukus pilihan pas untuk berbuka puasa

Aneka jajanan pasar kukus pilihan pas untuk berbuka puasa

Bulan Ramadhan adalah surga bagi pencinta jajanan pasar. Pasalnya, di bulan ini segala aneka jajanan puasa bisa menjadi pilihan untuk berbuka. Seiring berjalannya waktu, jajanan pasar menjadi sulit dicari. Tergantikan oleh kuliner kekinian yang makin menjamur, jajanan pasar yang dulunya mudah ditemui seakan menjadi sesuatu yang cukup langka. Nah bagi anda yang ingin menjadikan jajanan pasar sebagai takjil buka puasa, berikut ini Aneka Jajanan Pasar kukus yang bisa anda jadikan pilihan.

  1. Getuk

Getuk adalah jajanan jawa tengah yang khas. Dua jenis getuk yang cukup terkenal di provinsi tersebut adalah getuk kukus dan getuk goreng. Getuk kukus bisa jadi lebih sehat dibandingkan getuk goreng karena tak ada tambahan minyak di dalam penganan ini. Terbuat dari singkong yang dikukus dan dihaluskan, getuk memiliki tekstur yang sangat lembut. Jajanan pasar ini memiliki rasa yang manis dan sangat cocok dipadukan dengan parutan kelapa muda. Rasanya yang eksotik mucul karena adanya kombinasi sempurna dari santan kental, mentega, dan gula pasir.

Getuk salah satu jajanan pasar kukus
  1. Lemper

Lemper adalah olahan jajanan pasar yang berisi abon atau daging ayam yang dicincang. Bukan hanya sekedar jajanan saja, lemper bisa jadi makanan pengganjal perut dikala lapar. Lemper bisa mengenyangkan perut dalam waktu yang cukup lama.  Jajanan pasar ini menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Berdasarkan cara pembuatannya, lemper dibedakan menjadi dua. Anda bisa mencoba lemper bakar dan lemper kukus.

Lemper salah satu jajanan pasar kukus dari ketan
  1. Arem-Arem

Sekilas, Lemper dan Arem-arem memiliki tampilan yang cukup mirip namun memiliki resep yang berbeda. Arem-arem berbahan dasar nasi dengan isi campuran sayur, daging, dan sambal goreng kemudian dibungkus menggunakan daun pisang serta dikukus hingga matang.Arem-arem adalah jajanan khas daerah di Indonesia Khususnya Kota Kebumen namun makanan ini sudah banyak ditemukan di kota-kota lain, seperti Solo, Yogyakarta, dan Surabaya. Tergolong dalam makanan berat, arem-arem bisa dijadikan jajanan pasar pengganjal perut sebelum jam makan.

Arem-arem salah satu jajanan pasar kukus
  1. Nagasari

Nagasari adalah jajan pasar lain yang terbuat dari adonan tepung beras yang diisi pisang. Dibungkus menggunakan daun pisang, membuat penganan ini makin terlihat khas dan sangat lekat dengan budaya tradisional. Bentuknya yang menarik, rasanya yang lezat, dan teksturnya yang kenyal membuat Nagasari menjadi jajanan pasar yang sangat dicari di era modern ini.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top