Now Reading
Kalori buah pisang, benarkah membuat diet anda gagal?

Kalori buah pisang, benarkah membuat diet anda gagal?

Buah menjadi menu wajib ketika anda sedang menjalankan program diet. Namun, tidak semua jenis buah dapat membuat program diet berhasil. Buah yang bagus untuk diet adalah buah dengan kandungan kalori yang sesuai dengan jenis diet anda. Bagi yang tengah menjalani diet rendah karbohidrat harus menghindari buah pisang. Namun, benarkah kalori dalam pisang dapat membuat diet anda gagal? Simak fakta-fakta berikut ini.

  1. Jumlah Kalori Tergantung pada Ukuran
Buah Pisang

Ternyata jumlah kalori dalam pisang sangat bervariasi, hal tersebut dipengaruhi oleh ukuran setiap pisang. Semakin besar ukurannya, semakin besar pula jumlah kalori yang dimiliknya. Demikian pula sebaliknya, semakin sedang atau kecil ukurannya jumlah kalori pun semakin sedikit. Bila anda penggemar berat pisang sekalipun tak perlu khawatir. Karena jumlah kalori pada pisang rata-rata hanya berkisar 72-135 kalori.

  1. Mengandung cukup serat
Buah Pisang 2

Sekitar 93% dari total kalori pisang berasal dari karbohidrat, 4% berasal dari protein, dan sisanya berasal dari lemak. Selain itu, pisang kaya akan serat, kandungan serat pisang juga bisa menjaga kesehatan pencernaan. Satu pisang berukuran sedang mengandung 3,1 gram serat, yang dapat mencegah lonjakan gula darah dengan cepat. Sedangkan untuk program penurunan berat badan anda Cukup meningkatkan asupan serat Anda hingga 30 gram per hari . Dengan demikian, Anda mendapat manfaat buah pisang dantidak merasa berlebihan setelah makan satu buah saja. Serat itu benar-benar bisa membantu menurunkan berat badan.

  1. Indeks Glikemik Rendah

Selain mengandung banyak nutrisi dan gizi alami yang relatif aman, pisang juga memiliki indeks glikemik rendah. Indeks glikemik adalah peringkat seberapa cepat karbohidrat dari makanan dilepaskan ke dalam tubuh.  Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah akan melepaskan karbohidrat yang lambat ke dalam tubuh. Memilih buah pisang untuk diet tidak perlu membuat anda bingung lagi. Justru sebaiknya dilakukan secara teratur sebagai salah satu bagian dari perubahan gaya hidup—termasuk diet sehat, yang dimbangi dengan olahraga. Mengonsumsi pisang sebaiknya tidak dijadikan sebagai hal utama, melainkan bagian kecil dari program diet anda.

See Also

Beberapa jenis diet yang menerapkan konsep diet rendah kalori Bahkan tidak begitu mempermasalahkan pisang masuk ke dalam daftar menu.  Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, fokuskan pada keseluruhan diet dan olahraga bukan menjadikan pisang sebagai musuh.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.