Now Reading
Penyanyi tahun 60 an Indonesia perempuan yang legendaris

Penyanyi tahun 60 an Indonesia perempuan yang legendaris

Penyanyi-penyanyi Indonesia silih berganti mengisi jagat hiburan sesuai dengan perkembangan zaman. Bisa dibilang penyanyi tanah air itu tidak pernah padam, hanya saja semua memiliki masa untuk berjaya. Begitupun dengan penyanyi-penyanyi perempuan tahun 60an. Kejayaan mereka saat itu telah membawa semangat kepada penyanyi-penyanyi generasi saat ini.

Jadi, siapa saja penyanyi legendaris Indonesia tahun 60an, simak ulasan berikut.

  1. Lilis Suryani
penyanyi tahun 60an indonesia

Bicara soal penyanyi perempuan era 60an sulittanpamenyebutpenyanyi yang bersuaralantang dan bening, Lilis Suryaniini.  Era 60an itumemangmiliknya, puncak karirnya sebagai penyanyi indonesia tahun 60 an. Penyanyi kelahiran Agustus 1948 (meninggal Oktober 2007) ini merekam singlenya ‘Gang Kelinci’ ketika baru berusia 15 tahun. Banyak sekali lagunya yang ngetop ketika itu, ‘Tiga Malam’, ‘Hesti’ atau ‘Di teras St Carolus’ adalah beberapa di antaranya. Dia juga amat peduli dengan anjuran Bung Karno untuk mempopulerkan lagu daerah. Lagu Sundanya ‘Pileuleuyan’ pun terkenal dalam kancah nasional.

  1. TitikPuspa
penyanyi tahun 60an indonesia

Saat ini nama ini sungguh pantas mendapat gelar penyanyi senior indonesia atau Diva Indonesia. Memulai kariernya bahkan sebelum tahun 1960, penyanyi, pengarang lagu dan seabrek julukan dahsyat lain ini mencuat namanya di jaman ini. Usai mengarang lagu ‘Gang Kelinci’ untuk sahabatnya dan ngetop, penyanyi ini kemudian percaya diri untuk mencipta lagunya sendiri. Lagunya yang membawanya kepuncak piramida kepopuleran masa itu adalah ‘Si Hitam’dan ‘Minah Gadis Dusun’. Titi Puspa dikenal khas memiliki suara alto yang jarang dimiliki penyanyi perempuan lain.  Ia juga pernah merekam lagu ciptaannya sendiri di masa konfrontasi dengan Malaysia sedang seru-serunya. Sampai sekarang pun Titi Puspa masih sering terlihat di berbagai acara layar kaca.

  1. Ellya Kadam

Penyanyi perempuan era 60an yang ketiga ini memiliki nama lengkap Siti Aliya Husnah, penyanyi dangdut wanita Indonesia . Dikenal sebagai Ellya pada masanya, kemudian menjadi Ellya Agus, lalu Ellya M. Harris.  Nama Ellya Khadam baru dikenal kepada public tahun 70an.  Genre musik yang kini dikenal sebagai dangdut, di jaman itu hanya dikenal sebagai music Melayu yang mengadaptasi musik dari film India. Singlenya yang dihapal oleh setiaporangadalah ‘Bonekadari India’.  Meskipun ketika itu music jenis ini sangat populer di kalangan ‘grass-root’, tapi belum dianggap serius oleh kaum ‘gedongan’.

Para penyanyi perempuan tersebut tidak hanya bersinar pada masanya. Namun juga telah mewariskan semangat di dunia musik-musik pada generasi saat ini dengan tetap bersinggungan dengan dunia yang membesarkan nama mereka.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top