Now Reading
Hadiri KTT ASEAN di Thailand, Jokowi Bawa Pulang Kado Istimewa

Hadiri KTT ASEAN di Thailand, Jokowi Bawa Pulang Kado Istimewa

Ini kado istimewa yang di bawa Jokowi usai dari Thailand.

Presiden Jokowi membawa pulang kado istimewa usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang digelar di Bangkok, Thailand.

Kado Istimewa yang Dibawa Pulang Jokowi

Jokowi membawa kado istimewa seusai dari Thailand. Kado manis tersebut yakni outlook atau proyeksi ASEAN terkait dengan Indo-Pasifik yang diusulkan Indonesia dan berhasil diadopsi oleh 10 negara ASEAN.

“Outlook ini mencerminkan sentralitas dan kekuatan ASEAN dalam menghormati prinsip menjaga perdamaian, memperkuat budaya dialog serta memperkokoh kerja sama,” ujar Jokowi pada Pleno KTT ke-34 ASEAN, Thailand.

Menurut Jokowi, outlook tersebut dapat memegang peranan penting di tengah dinamika perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan China.

KTT ASEAN (medcom.id)

Perang antar kedua negara (AS-China) itu, dikhawatirkan dapat berubah menjadi parah.

Bukan tidak mungkin, perang antara kedua negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia itu akan melibatkan banyak negara. Outlook ini, memiliki arti penting dalam menghadapi situasi dinamika ekonomi global.

Oleh karen itu, Jokowi mengajak seluruh negara ASEAN untuk bersatu dan dapat menjadi motor perdamaian dan stabilitas di kawasan. Terlebih situasi saat ini bukanlah perkara mudah.

See Also

“Kalangan swasta ASEAN justru harus mencoba cari peluang sambil terus perkuat jejaring untuk memperkokoh integrasi,” kata Jokowi.

Jokowi juga menambahkan untuk meminta kembali komitmen ASEAN terkait dengan penyelesaian perundingan Regional Economic Partnership Agreement (RCEP).

Posisi Indonesia, sambung dia, tetap ingin perundingan tersebut bisa segera diselesaikan.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.