Berikut Strategi yang Wajib Diterapkan Untuk Memperluas Bisnis Menuju Pasar Global

Simak strategi ini untuk kembangkan bisnis kalian menuju pasar global.

Apa yang harus dipertimbangkan sebelum meluncurkan bisnis di negara asing? Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan paling umum yang dihadapi bisnis yang sedang tumbuh.

Untuk usaha kecil, tentu saja tidak mudah untuk memutuskan kapan akan mengambil lompatan ke pasar global. Namun bagi kalian tenang saja, tidak ada hal yang tidak mungkin asalkan kita terus berusaha dan berdoa.

Beberapa Poin yang Wajib Kalian Pertimbangkan untuk Memaksimalkan Usaha di Pasar Global

Strategi menuju pasar global (indoforwarding.com)

1.Ketahui Apa Itu Pasar Baru

Pasar asing dapat sepenuhnya berbeda dari pasar di negara asal kalian. 

Bahkan secara regional, perilaku pasar dan konsumen dapat berbeda secara drastis. Selain itu, mungkin ada hambatan bahasa dan budaya, kepatuhan pajak dan persaingan ketat dari merek lokal.

Kalian harus mengetahui pasar baru sebelum memulai bisnis di sana.   Misalnya bagaimana pelanggan asing menerima ide bisnis ini?

Semakin baik pemahaman kalian tentang target pasar kalian, semakin sedikit gesekan yang kalian hadapi dalam membangun merek dan jejak kaki kalian.

2. Buat Rencana Bisnis yang Solid

Memulai perjalanan bisnis di negara asing tanpa rencana bisnis akan seperti mengemudi dengan mata tertutup dan berharap untuk mencapai tujuan kalian.

Rencana bisnis yang ditulis dengan sempurna mencakup potret bisnis, tinjauan bisnis, rencana operasi, analisis pasar, analisis persaingan, rencana keuangan, dan proyeksi bisnis kalian.

Kesalahan umum di antara bisnis adalah mengadopsi rencana bisnis negara asal untuk pasar luar negeri. Kalian harus melakukan perubahan berdasarkan permintaan pasar lokal.

3. Memiliki Rencana Untuk Meningkatkan Modal

Kalian membutuhkan modal kerja yang cukup untuk bertahan antara 6 sampai 12 bulan, ini tergantung pada bisnisnya. Itu selalu lebih baik untuk memiliki rencana, sehingga kalian dapat mengumpulkan uang untuk bisnis kalian jika kalian menghadapi kelelahan keuangan.

Ada banyak contoh di mana ekspansi asing berdampak operasi di negara asal karena kurangnya modal atau arus kas yang lemah.

4. Periksa Neraca Kalian

See Also

Kalian harus memahami bahwa memperluas secara geografis adalah urusan yang mahal, karena kalian harus menyewa kantor baru, membangun sumber daya manusia, menjalankan kampanye pemasaran untuk menyebarkan kesadaran merek dan masih banyak lagi. 

Ingin tahu tentang biaya ekspansi global? Ya, itu tergantung pada sifat bisnis kalian dan lingkungan hukum, peraturan, dan budaya negara target. 

Selama proses uji tuntas, kalian harus memeriksa neraca dan laporan arus kas kalian untuk menentukan apakah kalian berada dalam posisi untuk menangani semua biaya yang terlibat dalam inisiatif global.

5. Buat Rencana Pemasaran yang Agresif

Pemasaran adalah suatu keharusan untuk menyebarkan berita tentang produk atau layanan kalian. Tanpa memiliki rencana pemasaran yang agresif, kalian tidak dapat berhasil dalam usaha asing kalian.

Baik itu pemasaran konten, pemasaran media sosial, pemasaran inbound atau jenis pemasaran lainnya, kalian perlu menyesuaikan strategi kalian sesuai dengan pasar lokal. 

Selain itu, kalian harus mencoba memahami budaya lokal atau menyewa ahli budaya setempat untuk menghindari kesalahan budaya dalam kampanye pemasaran kalian.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.