Now Reading
Drag Racing Motor, Acara Balapan yang Menarik dan Bergengsi

Drag Racing Motor, Acara Balapan yang Menarik dan Bergengsi

Balapan motor memang merupakan olah raga yang menarik untuk ditonton baik bagi pria maupun wanita. Di indonesia sendiri ada lomba balap motor yang dinamakan drag. Drag sesungguhnya merupakan acara balapan yang bergengsi namun recing motor menjadi dikhawatirkan oleh masyarakat ketika diadakan secara liar dan oleh anak-anak di bawah umur tanpa menggunakan alat keselamatan yang memadai. Drag race di indonesia telah menghasilkan banyak atlet-atlet drag dan juga mekanik drag yang kompeten pada bidang drag. motor yang digunakan pada drag race sangat beragam.

drag racing motor mio

Drag race merupakan kejuaran bagi motor drag race yang terdiri dari 2 motor drag race yang dilombakan pada saling adu kecepatan dan saling mendahului untuk mencapai finish. Jalur motor drag race hanya lurus dengan panjang lintasan adalah 201 meter dan lebar lintasan 4 meter.

Untuk mengikuti drag race para pembalap atau racer motor harus memiliki Kartu Izin Start atau (KIS) yang diikuti oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk kategori balap.

Dalam moto drag race terdapat 4 kelas balapan yang utama. Pertama, Kelas Campuran 250 cc 2 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 250 cc. kedua, Kelas Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 130 cc. Ketiga, kelas Sport 150 cc 2 Langkah Tune Up : 135 cc s/d 155 cc. keempat, Kelas Bebek 125 cc 2 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 125 cc. kelas-kelas lainnya merupakan Kelas Pendukung.

Pada perlombaan, drag race memiliki aturan yaitu dilarang memperbaiki motor di area starting, tidak boleh memindahkan gigi motor dengan tangan, dan dilarang untuk mengangkat kaki di atas jok motor.

Untuk penilaian, sudah dipastikan terletak pada catatan waktu. Apabila ada catatan waktu yang sama antara 2 pembalap drag race, maka pemenangnya ditentukan melalui catatan waktu terbaik dari heat kedua yang telah dilakukan. Selain itu juga faktor penilaian tergantung berdasarkan kapasitas cc yang lebih kecil antara 2 motor drag race.

Berikut ini beberapa jenis motor yang digunakan dalam drag racing motor.

  1. Drag motor mio

Terkenal angker namun mesin jarang bermasalah.

See Also

  1. Drag motor beat

Body ringan dan spare part mudah didapat.

drag racing motor beat
  1. Drag motor ninja

Mesin dan body yang sangat mendukung untuk drag.

  1. Drag motor supra

Motor legendaris yang sangat mudah dimodifikasi.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.