Now Reading
Ilham Habibie Akuisisi Bank Muamalat Sebesar 50,3%

Ilham Habibie Akuisisi Bank Muamalat Sebesar 50,3%

Putra mantan Presiden BJ Habibie ini akan mengakuisisi sejumlah 50,3% saham Bank Muamalat.

Ilham Habibie putra dari mantan Presiden BJ Habibie akan mengakuisisi sejumlah 50,3% saham Bank Muamalat melalui perusahaan miliknya, yakni Al Falah Investments PTE Limited. Proses akuisisi tersebut diproyeksikan akan selesai pada Mei 2019 ini.

Mekanisme akuisisi bank syariah ini berkaitan juga dengan right issue yang akan diselenggaarakan Bank Muamalat melalui penawaran umum terbatas dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) sebesar Rp 2,2 triliun. Adapun nantinya, Al Falah akan mengambil bagian 77,1% dari aksi korporasi tersebut.

Ilham Habibie (keuangan.kontan.co.id)

Al Falah merupakan perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Singapura ini akan menjadi pembeli saham siaga atau stanby buyer apabila pemegang saham eksistesing Bank Muamalat tidak mengeksekusi haknya dalam right issue tersebut.

See Also

Kendati demikian, Bank Mualamat mengaku masih menunggu keberatan dari kreditur dan pemegang saham minoritas perseroan terhadap rencana akuisisi tersebut, paling lambat pada 18 April. Akuisisi Bank Muamalat tersebut ditargetkan akan mendapat izin dari OJK dan akan rampung di bulan Mei 2019 mendatang. Sebelumnya, perseroan terlebih dahulu melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 17 Mei.Beberapa pemegang saham Bank Muamalat samapai saat ini, yaitu Islamic Development Bank (32,7%, Boubyan Bank (22%), Atwil Holdings Limited (17,95), National Bank of Kuwait (8,5%, IDF Investment Foundation (3,5%), BMF Holdings Limited (2,85), dan pemegang saham minoritas lainnya (12,6%). 

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.