Now Reading
Jenis Pesawat Tempur Canggih yang Dimiliki Indonesia

Jenis Pesawat Tempur Canggih yang Dimiliki Indonesia

Pesawat menjadi salah satu kendaraan tempur yang wajib dimiliki sebuah negara untuk menjaga keamanan masyarakat dari serangan-serangan teroris. Pesawat tempur berfungsi untuk menjaga keamanan udara sebuah negara. Selain berfungsi sebagai penjaga keamanan negara, pesawat tempur juga berfungsi sebagai penanda kekuatan sebuah negara. Semakin canggih kendaraan bertempur yang dimiliki maka negara lain akan semakin segan. Indonesia memiliki banyak pesawat tempur canggih.

Berikut ini beberapa jenis pesawat tempur canggih yang dimiliki Indonesia.

  1. F-16 Fighting Falcon

Indonesia memiliki pesawat tempur jenis F-16 Fighting Falcon sebanyak 36 buah yang sudah digunakan sejak tahun 1989 untuk melindungi keamanan udara NKRI. F-16 Fighting Falcon merupakan sebuah pesawat supersonik yang mampu digunakan untuk bertempur dengan kecepatan yang tak dapat diragukan. Pesawat ini diproduksi di Amerika dan telah dipakai dipakai di 25 negara di dunia. Dari 36 buah pesawat tersebut terdiri dari tiga tipe yaitu F-16A Block 15 OCU berjumlah 8 buah, F-16B Block 15 OCU berjumlah 4 buah, dan F-16C/D Block 52ID berjumlah 24 buah.

Jenis pesawat tempur tercanggih F16 Fighting Falcon
  1. Sukhoi Su-27

Anda pasti sering mendengar pesawat dengan nama Sukhoi. Indonesia memiliki pesawat tempur jenis Sukhoi Su-27 sebanyak 5 buah. Pesawat jenis ini sudah mulai digunakan untuk mencegat pesawat asing tanpa izin yang ingin memasuki wilayah udara NKRI sejak tahun 2003. Pesawat yang didesain dengan sangat baik ini memiliki kelincahan untuk bergerak di udara dan memiliki jangkauan yang luas. Hal tersebut juga didukung dengan persenjataan yang lengkap yaitu meriam GSh-30-1 30 mm yang berisi 150 peluru, peluru kendali anti-radiasi X-31, peluru kendali udara ke darat X-29L/T, dan bom KAB-150. Pesawat produksi Rusia ini telah digunakan di 12 negara dunia.

  1. Sukhoi Su-30
Jenis pesawat tempur tercanggih Sukhoi Su 30

Masih dari jenis sukhoi, Indonesia juga memiliki Sukhoi Su-30 yang merupakan pengembangan dari versi Su-27 sebanyak 11 buah. Pesawat ini memiliki fitur yang lebih canggih dibandingkan pendahulunya yaitu dengan adanya meriam GSh-30-1 30 mm dengan 150 peluru dan bom aerial juga disematkan dengan tipe KAB 500KR dan OFAB-250-270. Tak hanya itu, pesawat ini juga memiliki sebuah teknologi bom nuklir. 11 buah pesawat Sukhoi Su-30 tersebut terdiri dari jenis Su-30MK dan Su-30MK2.

See Also

Itulah beberapa pesawat tempur tercanggih yang dimiliki Indonesia untuk menjaga keamanan NKRI dari udara tanpa masyarakat sadari. Sudah banyak pesawat-pesawat asing tanpa izin yang diusir dari NKRI oleh pesawat-pesawat tersebut.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.