Now Reading
Pengaruh Ban Besar pada Motor juga Kelebihan dan Kekurangannya

Pengaruh Ban Besar pada Motor juga Kelebihan dan Kekurangannya

Memodifikasi motor menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pecinta kendaraan roda dua ini. Akhir-akhir ini sedang trend mengganti ban motor standar dengan ban motor yang ukurannya lebih besar. Tak hanya pada motor sport, motor bebek bahkan matic ban lebar juga ikut menjadi trend. Sebelum anda melakukan penggantian ban motor anda dari ukuran ban ideal ke yang lebih besar, simak dulu beberapa kelebhan dan kekurangannya.

Kelebihan penggunaan ban besar dan lebar pada motor.

  1. Mendongkrak penampilan

Penggunaan ban yang lebih besar akan membuat penampilan motor kesayangan anda lebih terkesan kekar. motor ban gede memiliki kelebihan pada penampilan yang tangguh karena ban besar mampu menghadapi jalur yang lebih terjal.

Motor dengan ban besar
  1. Meredam benturan

Ban motor yang ukurannya lebih lebar akan secara otomatis meredam benturan dengan jalan yang bermedan tak rata sehingga akan lebih meningkatkan kenyamananpengendara.

  1. Kontrol kemudi lebih mantap

Jika menggunakan ban yang lebih besar dan lebar maka juga akan berpengaruh pada kontrol kemudi. Kontrol kemudi akan terasa lebih mantap dengan ban yang pastinya lebih berat diabnding dengan ban normal.

Kekurangan penggunaan ban besar dan lebar pada motor.

  1. Lebih berat

Ban yang ukurannya lebih lebar daripada ukuran normal yang sudah semestinya akan membuat tarikan mesin pada awal terasa berat.

See Also

Ban besar
  1. Boros bahan bakar

Ketika menggunakan ban yang lebih besar maka tarikan mesin akan lebih berat yang artinya mesin akan bekerja lebih keras daripda ketika menggunakan ban normal. Mesin yang bekerja lebih keras kan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

  1. Pengaruh pada komponen lain

Penggunaan ban lebih lebar selain berpengaruh pada mesin juga akan berpengaruh pada komponen lain seperti pada gear dan rantai yang menjadi lebih cepat aus atau drive belt ang akan berumur lebih pendek karena penyaluran tenaga yang lebih besar.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan juga pengaruh ban besar pada motor yang biasanya akan terjadi jika anda melakukan modifikasi penggantian ban. Jika anda tertarik dengan modifikasi ini sebaiknya anda memikirkan kembali segala kekurangan dan kelebihan yang akan anda terima dan untuk jangka panjang penggunaan. Yang paling pentng adalah utamakan keselamatan anda ketika berkendara dan gunakanlah jasa bengkel modifikasi untuk merekomendasikan ban dengan ukuran besar atau lebar yang cocok untuk digunakan motor kesayangan anda tanpa membahayakan keselamatan.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.