Now Reading
Pesawat tercanggih di Indonesia yang wajib kamu kenali

Pesawat tercanggih di Indonesia yang wajib kamu kenali

Meski masih menyadang status sebagai negara berkembang di beberapa sektor, Indonesia tidak bisa dianggap remeh soal kecanggihan pesawatnya. Kecanggihan ini dapat di temui pada beberapa jenis pesawat tempur tercanggih di Indonesia. Bahkan, pesawat-pesawat di bawah ini juga diandalkan untuk menguasai dan menjaga keamanan dirgantara di Indonesia. Simak ulasan selengkapnya yang kami sajikan untuk anda.

  1. F-16 Fighting Falcon
F-16 Fighting Falcon, Foto Pesawat Jet Tempur

Saat ini Indonesia memiliki tipe f-16 Fighting Falcon sebanyak 36 buah yang terdiri dari 3 tipe. Pertama tipe F-16A Block 15 OCU dengan jumlah 8, selanjutnya ada F-16B Block 15 OCU berjumlah 4, dan terakhir F-16C/D Block 52ID berjumlah 24. Pesawat-pesawat F-16 yang dimiliki oleh Indonesia telah digunakan untuk melindungi NKRI sejak tahun 1989. F-16 adalah sebuah pesawat supersonik yang mampu digunakan untuk bertempur. Kecepatannya yang sangat hebat membuat pesawat ini menjadi laris di pasaran dunia. Saat ini pesawat yang menjadi ujung tombak TNI AU ini telah dipakai di 25 negara di dunia.

  1. BAE Hawk
Pesawat tercanggih bae hawk

BAE Hawk adalah sebuah pesawat latih sekaligus pesawat tercanggih di Indonesia sebanyak 42 buah. Pesawat jenis Hawk memiliki 3 tipe yaitu Hawk 53, Hawk 109, dan Hawk 32. Meski merupakan pesawat tempur justru fungsi utamanya sebagai pesawat penyerang. Di Indonesia pesawat Hawk ini digunakan untuk latihan sebelum pilot diperkenankan menggunakan F-16. Pesawat Hawk mampu mengudara hingga jarak 2.520 km di udara dan ketinggian mencapai 13 km dari tanah. Untuk masalah persenjataan pesawat Hawk ini memiliki satu meriam ADEN dengan kaliber 30 mm dan beberapa bom yang memiliki berat mencapai 3.085 kg.

  1. Lockheed C-130 Hercules

Lockheed C-130 Hercules adalah jenis pesawat yang tak bisa dipisahkan dari perang. Pesawat ini digunakan sebagai pesawat angkut pasukan dan senjata hingga pesawat evakuasi. Segala hal bisa dilakukan oleh pesawat Hercules termasuk menjadi ambulance dan mengangkut banyak orang cidera dari satu tempat ke tempat yang lain yang lebih aman. Meski bukan merupakan pesawat yang dibuat untuk bertempur. Kehadiran pesawat Hercules ini menjadi penting saat perang. Tanpa pesawat ini mobilisasi pasukan tak akan berjalan dengan sangat lancar. Terlebih pesawat ini memiliki kecepatan hingga 540 km perjam dan jarak tempuh hingga 3.800 km. Saat ini inidonesia memiliki 36 pesawat Hercules dengan berbagai tipe dan kegunaan.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top