Now Reading
Mau Beralih ke Payroll Software Indonesia? Persiapkan Dulu Hal-Hal Ini

Mau Beralih ke Payroll Software Indonesia? Persiapkan Dulu Hal-Hal Ini

Mau Beralih ke Payroll Software Indonesia

Denotasi.com – Di masa yang serba tidak pasti ini, sudah saatnya bagi perusahaan untuk beralih menggunakan software atau aplikasi untuk mengoptimasi kinerja tim HR. Salah satu pekerjaan yang memakan waktu kerja HR yaitu proses penggajian, karena jumlah karyawan dalam perusahaan dan komponen gaji setiap karyawan juga begitu banyak.

Software payroll bisa jadi solusi yang memberi kemudahan dalam proses penggajian karyawan. Namun, tetap saja masih ada perusahaan yang menilai bahwa payroll software Indonesia justru menyulitkan prosesnya dan mengira perlu banyak persiapan yang harus dilakukan.

Benarkah demikian? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Seberapa Pentingkah Aplikasi Payroll?

Aplikasi payroll karyawan adalah sebuah perangkat lunak untuk memberi kemudahan dalam proses penggajian para karyawan. Di dalam proses tersebut terdapat komponen-komponen gaji berupa gaji pokok, tunjangan jabatan, tanggungan pajak, nomor rekening, BPJS, dan lain sebagainya.

Meskipun sudah ada teknologi berupa software payroll, tetap saja masih ada perusahaan yang sistem penggajiannya menggunakan cara manual atau dengan excel. Jika jumlah karyawannya sedikit tidak akan jadi masalah, tetapi bila karyawannya berjumlah banyak maka akan lebih baik menggunakan aplikasi ini untuk seluruh proses penggajian.

Karena penggunaannya yang mudah, praktis, dan cepat membuat sebagian besar perusahaan memilih mengandalkan software payroll. Keberadaan aplikasi ini tentu akan menghemat waktu kerja HR dalam menghitung besaran gaji, sehingga sudah jelas kehadirannya begitu penting.

Persiapan Sebelum Menggunakan Software Payroll

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penggunaan aplikasi payroll ini cukup mudah, sehingga perusahaan tidak perlu mempersiapkan hal-hal yang rumit. Akan tetapi, semuanya tergantung dari jenis software payroll Indonesia yang dipilih apakah berbasis cloud atau on premise.

Bagi perusahaan yang memilih aplikasi berbasis cloud, perusahaan cukup mempersiapkan beberapa hal dasar, seperti laptop dan koneksi internet. Simpel sekali bukan? Karena software payroll berbasis cloud hanya bisa diakses melalui browser yang terhubung dengan internet.

Jika yang dipilih adalah on premise, bagaimana persiapannya? Khusus untuk jenis software payroll ini, perusahaan harus memiliki server. Nantinya, server ini dipakai untuk menyiapkan seluruh data dan informasi penggajian karyawan. Namun, apabila perusahaan mengalami kesulitan mencari server yang cocok, biasanya vendor akan membantu menemukan server yang pas sesuai kebutuhan sistem di perusahaan Anda.

Penggunaan server pribadi sebenarnya memberi keuntungan tersendiri bagi perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan. Sementara bagi perusahaan yang sedang berkembang dengan jumlah karyawan belum terlalu banyak bisa menggunakan software payroll berbasis cloud karena lebih ekonomis.

Misalnya, software penggajian karyawan yang menyediakan pilihan cloud atau on premise adalah LinovHR. Kenapa LinovHR karena merupakan vendor spesialis payroll dan juga aplikasi absensi online untuk karyawan yang menjaga keamanan dan kerahasiaan data klien dengan baik serta terpercaya.

See Also
Nissan Leaf Bakal Dibekali Pengisi Daya FE-15 Sebagai Generator Saat Darurat

Selain mempersiapkan beberapa hal sebelum menggunakan software payroll, ada beberapa fungsi pokoknya yang harus diketahui, yaitu:

  • Menghitung gaji karyawan
  • Penyimpanan data secara otomatis
  • Membuat laporan sesuai kebutuhan perusahaan
  • Pembuatan formulir pajak
  • Menghitung pajak dengan kalkulator pajak
  • Self service (karyawan dapat mengakses sendiri slip gaji, pengajuan cuti)

Bagi Anda yang membutuhkan software payroll, LinovHR bisa jadi solusi terbaik untuk pekerjaan yang lebih efisien. LinovHR adalah salah satu merk HRIS (Human Resource Information System), yakni perangkat lunak untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS diciptakan untuk dapat mengurangi beban kerja administrasi di bidang absensi, penggajian, perpajakan, dan performance appraisal.

LinovHR juga memiliki fitur mobile friendly yang dinamakan Employee Self Service (ESS) untuk memudahkan karyawan mengakses LinovHR melalui ponsel masing-masing karyawan.

Fitur-fitur yang disediakan LinovHR pun sangat lengkap dan bersifat modular, diantaranya adalah:

  • Organization Structure
  • Personnel Administration
  • Time Management
  • Rekrutmen
  • Payroll
  • Loan
  • Reimbursement
  • Performance Management
  • Competency Management
  • Career Path
  • Succession Management
  • Learning & Development

Anda dapat mengaksesnya dengan mudah di https://linovhr.com. Tunggu apalagi? Coba LinovHR sekarang, ada promo menarik lho bagi pengguna baru!

© 2022 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top