Now Reading
Pesawat Tempur Paling Canggih dan Mahal di Dunia

Pesawat Tempur Paling Canggih dan Mahal di Dunia

Meskipun hanya memiliki muatan untuk dua orang, pesawat tempur bisa melesat dengan kecepatan yang sangat tinggi. Belum lagi, mereka dilengkapi dengan persenjataan yang sangat mutakhir. Penasaran seperti apa sih pesawat tempur paling canggih dan mahal yang ada di dunia? Simak penjelasan berikut ini.

Dassault Rafale – Rp 1,3 triliun

Dassault Rafale adalah pesawat tempur paling canggih dan mahal di dunia

Ini adalah pesawat tempur dari Perancis yang sudah digunakan selama 17 tahun. Pesawat buatan Dassault Group ini dirancang sebagai pesawat yang berpangkalan di darat maupun di kapal induk. Kabarnya, karakteristik pesawat ini mirip-mirip dengan Super Hornet. Akan tetapi, teknologinya beda. Pesawat ini menggendong mesin ganda Snecma M88-2 turbofan. Saat terbang tinggi, dia bisa melaju hingga menyentuh kecepatan 2.390 km per jam. Pesawat ini juga sudah dioperasikan di Perang Teluk, Perang Kosovo, Libya, dan beberapa negara lainnya.

Eurofighter Typhoon – Rp 1,38 triliun

Pesawat tempur ini punya rancangan yang mirip-mirip Dassault Rafale dan Saab Gripen di Swedia. Intinya, pesawat ini dibuat agar lincah, memiliki fitur stealth, dan diprediksi akan terus dioperasikan hingga tahun 2040 mendatang. Eurofighter adalah jet tempur buatan Britania Raya yang sudah digunakan oleh banyak negara Eropa. Tapi, Arab Saudi pun punya jet tempur ini lho.

Pesawat ini terbuat dari komposit serat karbon, glass-reinforced plastic, aluminium lithium, titanium dan aluminium casting. Ia juga memiliki fitur teknologi siluman, termasuk radar frontal penampang rendah, sensor pasif dan kemampuan supercruise. Eurofighter juga dibekali mesin ganda Eurojet EJ200 yang dikembangkan di Jerman. Kabarnya, dia lebih cepat ketimbang F-14 Tomcat, F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, F/A-18 Hornet, Mirage 2000, Rafale, Sukhoi SU-27 maupun Mikoyan Mig-29!

Lockheed-Martin F-22 Raptor – Rp 2,1 triliun

Lockheed-Martin F-22 Raptor adalah pesawat termpur paling canggih dan mahal di dunia

Pesawat tempur termahal sejagat ternyata adalah pesawat tempur asal Amerika Serikat, yaitu F-22 Raptor! Bisa dibilang ini adalah pesawat tempur paling superior yang dibuat AS untuk menandingi pesawat Rusia. Konstruksi Raptor terdiri dari, 39% titanium, 24% komposit, 16% aluminium dan 1% termoplastik berat. Untuk rangkanya, F-22 terbuat dari serat karbon yang ternyata juga digunakan untuk rangka mesin Lamborghini.

Pesawat ini juga memiliki fitur siluman yang cukup baik. So, gak heran deh kalau dia memang sulit dideteksi oleh radar. F-22 Raptor juga didukung oleh dua mesin Pratt dan Whitney F119-100. Ia sanggup melesat di kecepatan 2.575 km per jam!

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top