Now Reading
Deretan Kepala Negara Ini Ucapkan Selamat Kepada Jokowi, Siapa Saja?

Deretan Kepala Negara Ini Ucapkan Selamat Kepada Jokowi, Siapa Saja?

Berikut deretan kepala negara di dunia yang mengucapkan selamat kepada Jokowi atas terpilihnya kembali Jokowi sebagai Presiden Indonesia.

Menanggapi pengumuman resmi KPU mengenai kemenangan Jokowi di pilpres 2019, sejumlah pemimpin dunia menyampaikan selamat kepada Jokowi atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Republik Indonesia.

Ucapan selamat tersebut disampaikan kepada Joko Widodo dan wakilnya Ma’ruf Amin yang berdasarkan pada penetapan rekapitulasi suara nasional oleh KPU pada Selasa (21/5) dini hari, dengan unggul 55,5% suara atas pasangan Prabowo-Sandi yang hanya mmendapatkan 44,5%.

Berikut deretan kepala negara sahabat yang menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi.

1.Presiden Amerika Serikat (AS) Donald J. Trump

Dalam suratnya yang dirilis Kedutaan Besar RI di Washington DC, Presiden AS, Donald Trump mmenyampaikan bahwa Indonesia telah melalui proses transformasi demokrasi yang luar biasa dan patut dijadikan contoh bagi negara-negara lainnya.

Tak hanya itu, Presiden AS ke-45 ini juga menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan AS.

“Saya ucapkan selamat kepada anda dan rakyat Indonesia atas pelaksanaan Pemilu yang berlangsung bebas, adil dan damai, serta untuk pertama kalinya, pelaksanaan pemilihan legislative dan presiden dilaksanakan pada saat bersamaan,” kata Presiden AS Donald Trump.

Jokowi dan Donald Trump (mediaindonesia.com)

2. Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Rusia, Vladimir Putin pun menyampaikan ucapan selamat kepada Calon Presiden terpilih Jokowi melalui surat resmi bertanggal Kremlin, Moskow,, 21 Mei 2019, menggaris bawahi pentingnya hubungan persahabatan Indonesia-Rusia.

“Kami di Rusia mmengenal Yang Mulia sebagai pendukung yang kuat dalam pengembangan hubungan persahabatan antara kedua negara kita,” kata Putin.

Presiden Rusia ini menunjukkan kepercayaan kepada kepemimpinan Jokowi dalam meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang.

3. Presiden China Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping mengirimkan pesan berisi ucapan selamat atas terpilihnya kembali Jokowi sebagai Presiden Indonesia.

“Atas kemenangan Jokowi, Presiden Xi Jinping telah mengirimkan ucapan selamat kepada beliau,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China.

Pihaknya menilai di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia akan mencapai prestasi yang lebih besar dalam mempertahankan stabilitas nasional.

4. Presiden Korea Selatan Moon Jae-in

Melalui sambungan telepon, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Jokowi sebagai Presiden RI.

5. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

Presiden Turki yakin bahwa hubungan dekat antara Indonesia-Turki yang bersahabat dan kemitraaan strategis antara kedua negara akan semakin kuat, selama masa jabatan Presiden Jokowi untuk periode kedua.

6. Perdana Menteri India Narendra Modi

Perdana Menteri India Narendra Modi berharap rakyat Indonesia sukses di bawah kepemimpinan dinamis Jokowi yang kembali terpilih sebagai Presiden Indonesia periode 2019-2024.

7. Perdana Menteri Australia Scott Morrison

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengucapkan selamat kepada Jokowi melalui akun resmi Twitter-nya @ScottMorrisonMP yang mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu mitra strategis bagi Australia.

“Kami berharap dapat memperdalam hubungan antara Australia dan Indonesia untuk kepentingan bersama,” tulis Morisson

8. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

See Also

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyampaikan pasan ucapan selamat kepada calon Presiden Jokowi yang terpilih kembali menjadi Presiden RI.

PM Jepang ini menyampaikan harapaan utuk dapat bekerja sama dengan Presiden RI Jokowi guna memperkokoh hubungan antara kedua negara.

9. Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mengirimkan surat kabel atau telegram yang berisi ucapan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden Republik Indonesia.

“Atas nama rakyat dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi saya mengucapkan selamat kepada Joko Widodo atas terpilihnya kembali sebagai Presiden RI. Semoga rakyat Indonesia semakin maju dan makmur,” ujar Penjaga Dua Masjid Suci Makkah dan Madinah itu dalam keterangan yang dilansir dalam laman resmi Saudi Press Agency, Rabu 22 Mei 2019.

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud juga memuji hubungan persaudaraan yang menonjol antara kedua bangsa dan negara.

10. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien-long dan Presiden Singapura Halimah Yacob

Ucapan juga datang dari negara tetangga yakni Singapura atas terpilihnya kembali Jokowi sebagai Presiden RI.

11. Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengucapkn “Tahaniah kepada Bapak @Jokowi atas kemenangan secara resmmi sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerjasama antara dua negara akan semakin erat selepas ini,” cuit Mahathir di akun Twitter-nya @chedetofficial

12. Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong, Wakil Presiden dan Perdana Menterinya

Sama halnya dengan pemimpin negaara lainnya, Presiden Vietnam, wakil dan perdana menterinya juga mengucapkan selamat kepada Jokowi atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Indonesia periode 2019-2024.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.