Now Reading
Sejarah Berdirinya Alibaba, Raksasa E-Commerce dari China

Sejarah Berdirinya Alibaba, Raksasa E-Commerce dari China

Alibaba group merupaka perusahaan e-commerce yang berasal dari China. Perusahaan ini menjalankan bisnis dengan sistem B2B (Business to Business), yakni menghubungkan berbagai jenis usaha kecil dan menengah. Saat ini perusahaan ini telah berkembang dan menjadi salah satu yang terbesar di Asia.

Alibaba didirikan oleh Jack Ma, dan saat ini ia menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Bahkan yang menarik adalah perjalanan hidupnya sangat menginspirasi banyak orang.

Kantor Alibaba di China

Awal mula berdirinya Alibaba adalah ketika Jack Ma mengumpulkan teman-temannya untuk mengutarakan visi dalam bidang e-commerce. Namun dari 24 temannya, hanya satu orang yang mendukung ide Jack Ma. 23 teman lainnya tidak mendukung ide tersebut karena Jack Ma dianggap tidak memiliki modal.

Pada tahun 1995 Jack Ma pergi ke Amerika untuk bekerja sebagai penerjemah. Saat di Amerika Jack Ma mulai belajar internet dari seorang temannya. Jack Ma sangat tertarik karena menurut temannya dengan internet ia dapat menemukan berbagai macam informasi.

Pendiri Alibaba Jack Ma

Setelah itu Jack Ma kembali ke China dengan membuat direktoru bisnis online yakni ‘China Pages’. Namun saat itu, China Pages tidak seperti yang ia harapkan. Kemudian pada tahun 1999, Jack Ma bersama 18 orang temannya memaparkan idenya untuk membangun bisnis e-commerce bernama Alibaba.

Teman-temannya pun mendukung ide dari Jacka. Selama memimpin Alibaba, perusahaan ini berkembang pesat dan menjadi perusahaan e-commerce terbesar di China. Puncak kejayaan Alibaba adalah pada tahun 2005.

See Also

Ketika itu, Yahoo membeli 40% saham Alibaba. Jack Ma juga mengambil alih operasi Yahoo di China. Berawal dari kerjasama tersebut akhirnya terbentuklah Alibaba Group yang terdiri dari situs e-commerce global Alibaba.com, search engine (Yahoo China),  Alipay (pembayaran online), dan Alisoft (bisnis perangkat lunak).

Berawal dari 19 orang, saat ini Alibaba Goup telah memiliki karyawan lebih dari puluhan ribu orang. Alibaba Group telah melayani jutaan pengguna jasa bisnis di seluruh dunia.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.