Now Reading
Deretan Situs Investasi Peer to Peer Lending di Indonesia yang Sudah Terdaftar OJK, Bisa Nih Kalian Manfaatkan untuk Investasi!

Deretan Situs Investasi Peer to Peer Lending di Indonesia yang Sudah Terdaftar OJK, Bisa Nih Kalian Manfaatkan untuk Investasi!

Inilah situs invetasi peer to peer lending di Indonesia yang bisa kalian manfaatkan untuk investasi.

Mungkin banyak dari kalian yang belum tahu, apa sih investasi Peer to Peer (P2P) Lending? Ya, P2P atau peer to peer lending ini merupakan platform digital yang mempertemukan pihak yang membutuhkan pinjaman dengan pemberi pinjaman yang mmengharapkan return kompetitif.

Jadi pihak yang membutuhkan pinjaman itu biasanya adalah pengusaha mikro, kecil atau menengah. Adapun pemberi pinjaman bisa siapa saja, termasuk kalian-kalian itu sebagai investor individu.

Setidaknya ada beberapa situs di Indonesia peer to peer lending yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bisa kalian manfaatkan sebagai lahan investasi. Apa aja? Yuk simak!

Berikut situs P2P lending Indonesia yang sudah terdaftar di OJK:

1.Amartha

Imbal hasil yang ditawarkan Amartha yakni mmencapai 17,5 persen per tahun. Dana awal untuk menjadi investor di Amartha ini yakni Rp 3 juta. Untuk fokus pendanaan pada Amartha ini adalah pelaku usaha kecil dan menengah.

Oh iya, disini juga ada program kerja sama dengan perusahaan penjamin kredit dan asuransi untuk melindungi investor dari resiko gagal bayar.

Pemberi pinjaman bisa memilih mana yang mau dibiayai lengkap dengan profil risikonya. Bahkan kita bisa ikut tim Amartha mendatangi pengusaha yang mau diberi pinjaman saat ada kunjungan yang dilakukan tiap pekan.

Siapa saja yang memiliki rekening di bank bisa mendaftar sebagai investor di Amartha.

Manfaatkan era digital dengan berinvestasi (akseleran.com)

2. Gandeng Tangan

Return dari Gandeng Tangan ini adalah hingga 12 persen per tahun. Besaran return disesuaikan dengan pertumbuhan usaha mikro yang dipilih untuk didanai.

Untuk minimum dana investasi di Gandeng Tangan yakni Rp 50.000. Namun ada kewajiban deposit awal sebesar Rp 500.000.

Syarat untuk menjadi investor di Gandeng Tangan yakni minimal berusia 18 tahun. Baik individu maupun institusi bisa menjadi pendana.

3. Modalku

Untuk suku bunga di Modalku berbeda-beda dalam setiap pinjaman. Besaran bunga ditentukan berdasarkan faktor seperti kondisi pasar, pilihan pinjaman yang diberikan hingga nominal dana yang ditanamkan.

Tim Modalku memberi transparasi dalam hal bunga. Adapun kisaran bunga yang ditampilkan yakni 12-24 persen. Biaya sebesar 3 persen dikenakan atas setiap pengebalian dana yang diberikan peminjam.

Minimal menjadi investor P2P lending di Modalku yakni berusia 18 tahun. Adapun deposit minimal sebesar Rp 10 jt, namun bisa dilakukan dengan saldo minimum 1 juta.

4. Koinworks

Koinworks menyediakan sarana investasi P2P lending dengan bunga efektif mulai dari 18 persen per tahun. Bunga tersebut ditentukan berdasarkan risiko pinjaman, misalnya seperti A= 15-19 persen, B=19-24 persen, C=24-29 persen dst.

See Also

Disini nanti koinworks bisa menilai profil peminjam sebelum menyalurkan dana investasi yang kalian pinjamkan. Bila ternyata resikonya tinggi, bukan tidak mungkin dana itu bisa masuk ke golongan C atau bahkan yang paling tinggi bunganya.

Kalian bisa mendapat return lebih tinggi dari situ. Namun ya resikonya lebih tinggi.

Kendati demikian, koinworks menyediakan dana proteksi untuk mengurangi dampak kerugian bagi investor. Proteksi ini disesuaikan juga dengan tingkat risiko tadi. Semakin tinggi risikonya, dana proteksi yang diberikan pun semakin kecil.

Minimal dana investasi adalah Rp 100.000, namun ada biaya atas transaksi investasi yang ditentukan oleh pihak Koinworks.

5. Investree

Dan yang terakhir yakni Investree. Besaran return investasi di Investree ini tergantung pada risiko peminjam. Adapun setoran di Investree ini adalah Rp 1 juta untuk pinjaman personal dan Rp 5 juta dengan kelipatan Rp 1 juta untuk pembiayaan bisnis. Kalian memang bisa memberi pinjaman kepada individu ataupun entitas udaha di sini.

Sejaun ini tidak ditetapkan besaran biaya apa pun untuk proses transaksi di Investree. Namun dana baru bisa kembali setelah akhir periode pinjaman lengkap dengan bunganya.

WNI maupun WNA bisa menjadi investor P2P lending di Investree ini, asalkan minimal berusia 17 tahun.

Bagaimana? Apakah kalian tertarik mengawali investasi lewat peer to peer lending, terutama di situs yang memberi batasan investasi rendah? Semoga bermanfaat yak.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.