Now Reading
Investasi Data Center Incar Kalimantan Timur: Peluang Terbuka Lebar

Investasi Data Center Incar Kalimantan Timur: Peluang Terbuka Lebar

Dalam era transformasi digital yang sedang berlangsung, Kalimantan Timur muncul sebagai destinasi potensial bagi investasi data center. Dukungan teknologi dianggap sebagai faktor kunci dalam upaya mencapai keberlanjutan, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni mengungkapkan bahwa industri digital, khususnya Data Center, semakin menjadi daya tarik bagi investor baik dari dalam maupun luar negeri.

Dalam sebuah diskusi publik di Gedung Prof. Dr. H Masjaya Universitas Mulawarman, Sekda Sri Wahyuni menyatakan bahwa Data Center menjadi industri yang diminati oleh investor. Belakangan ini, seorang Direktur Utama E-Government di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menawarkan Kalimantan Timur sebagai lokasi investasi data center.

Investor tersebut mencari lahan seluas 100 hektare di Kalimantan Timur untuk membangun data center dengan komitmen investasi yang signifikan. Contoh lain dari investasi data center serupa adalah Nongsa Digital Park di Kota Batam, yang mendapatkan investasi mencapai Rp 4 triliun dari PT GDS IDC Service asal Hong Kong.

Sri Wahyuni menjelaskan bahwa investor membutuhkan lahan seluas 100 hektare di Kawasan Industri Kariangau (KIK) untuk membangun data center. Pemprov Kaltim memiliki lahan sebesar itu di wilayah Kariangau, dan saat ini, sedang menunggu kepastian terkait investasi ini. Pemprov berharap untuk memberikan kepastian kepada investor pertama yang dapat memenuhi syarat.

Investasi dalam data center tidak hanya melibatkan bangunan fisik tetapi juga memerlukan SDM yang terampil, seperti Data Scientist. Sri Wahyuni berharap bahwa universitas setempat, Universitas Mulawarman (Unmul), dapat mencetak mahasiswa yang mumpuni dalam bidang ini untuk memenuhi kebutuhan data center yang dianggap sebagai industri yang sangat menjanjikan dan bernilai triliunan.

See Also
Ilustrasi perusahaan (Remy Gieling on Unsplash)

Dengan potensi investasi data center yang semakin menggiurkan, Kalimantan Timur berusaha menjadi destinasi pilihan bagi para investor di era transformasi digital. Dukungan dari pemerintah daerah, lahan yang tersedia, dan ketersediaan SDM yang terampil diharapkan dapat menjadikan Kalimantan Timur sebagai pusat data center yang signifikan dalam peta investasi di Indonesia.

Demikian informasi seputar potensi dan pertumbuhan investasi data center di Indonesia. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Denotasi.Com.

© 2023 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top