Now Reading
PLBC Cilacap Kelar, Produksi Pertamax Pertamina Melonjak 66,8%

PLBC Cilacap Kelar, Produksi Pertamax Pertamina Melonjak 66,8%

PT Pertamina (Persero) baru saja menyelesaikan pembangunan Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC) yang sudah dimulai sejak tahun 2015. Pembangunana PLBC akan mendukung produksi pertamax pertamina di kilang Cilacap dengan penambahan mencapai 1,668 juta barel per bulan atau meningkat 66,8%.Peningkatan produksi pertamax dengan pemanfaatan produksi dari Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC) dimaksudkan untuk mampu membantu Pertamina memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak dalam negeri, apalagi beberapa saat lagi akan menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran.

Proyek Langit Biru Cilacap

PT Pertamina (Persero) memperkirakan rata-rata konsumsi harian Bahan Bakar Minyak (BBM) selama periode puasa dan Lebaran 2019 (H-10 hingga H+10 lebaran) bakal meningkat dibandingkan pada saat hari normal.

Perkiraan peningkatan kebutuhan tersebut berasal dari proyeksi jumlah pemudik pengguna kendaraan pribadi yang mencapai 10,6 juta unit atau meningkat sekitar 13 persen.

“Pertamina mengadopsi teknologi terkini dalam proyek PLBC untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk BBM, termasuk diantaranya peningkatan kualitas gasoline yang sebelumnya RON 88 menjadi RON 100 yang setara dengan EURO 4,” ujar Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia PT Pertamina (Persero) Ignatius Tallulembang, dalam keterangan tertulis, Selasa (30/4/2019) dilansir dari bisnis.com.

See Also

Proyek Pertamina di Kilang Minyak Cilacap

Dengan data pemanfaatan teknologi diatas diharapakan nantinya Pertamina dapat mengurangi impor high octane mogas component (HOMC) sebagai komponen blending produk gasoline secara signifikan. Tallulembang menambahkan semakin memperkuat upaya Pertamina untuk mewujudkan kemandirian energy, karena dapat mengurangi impor.

Perlu diketahui bahwa Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC) merupakan proyek lanjutan dari pembangunan Residual Fluid Catalytic Cracker (RFCC) Cilacap yang diawali sejak akhir 2015. Hingga Maret 2019, pencapaian jam kerja aman tanpa lost time injury (LTI) proyek PLBC mencapai lebih dari 17 juta jam kerja aman.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.