Now Reading
Gaya Hidup Konsumtif, Kenali Faktornya dan Cara untuk Mengubahnya

Gaya Hidup Konsumtif, Kenali Faktornya dan Cara untuk Mengubahnya

Gaya hidup seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu gaya hidup adalah gaya hidup konsumtif yang artinya adalah sebuah kecenderungan seseorang untuk membelanjakan uangnya untuk barang-barang secara berlebih dan cenderung bukan sebagai barang primer atau utama. Barang yang dibeli seseorang dengan gaya hidup konsumtif cenderung barang yang sekunder alis tidak terlalu dibutuhkan dan tidak mendesak. Hal tersebut berkaitan dengan definisi konsumerisme. Gaya hidup konsumtif lebih mengutamakan kesenangan sementara daripada pemenuhan kebutuhan dan secara psikologis menimbulkan kecemasan dan rasa tidak aman.

Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang dapat ke dalam golongan gaya hidup konsumtif, simak hal-hal berikut.

  1. Fakor budaya

Pada dasarnya budaya memiliki pengaruh yang luas dan mendalam terhadap suatu perilaku masyarakat. Gaya hidup konsumtif juga dapat disebabkan oleh faktor budaya yang terkadang secara tidak sadar seseorang akan mengalaminya.

Ilustrasi orang dengan gaya hidup konsumtif
  1. Faktor sosial

Manusia hidup dengan cara bersosialisasi dan seseorang cenderung akan membaur dengan sosialnya dan berusaha untuk menyamai perilaku sosialnya. Sosial dalam artian merupakan keluarga, tetangga, dan teman. Jika seseorang berada pasa kelompok sosial yang menerapkan gaya hidup sederhana dalam kehidupan sehari hari maka ia akan cenderung sama dengan kelompoknya.

  1. Faktor pribadi

Gaya hidup konsumtif juga dapat dipengaruhi oleh pribadi yaitu salah satunya adalah dari usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri.

  1. Faktor psikologis

Faktor yang mendajikan seseorang memiliki gaya hidup konsumtif adalah psikologis yang antara lain adalah motivasi, persepsi, pengalaman belajar, sikap, dan keyakinan.

Dampak negatif dari gaya hidup boros adalah rasa kepuasan sementara namun menyesal yang berkepanjangan di kemudian hari, rasa kecemasan akan kondisi finansial seperti gaji yang terasa tidak pernah cukup, dan mengulangi sikap konsumtif sebagai pengalihan dari sebuah masalah yang sedang dialami.

Berikut ini beberapa cara mengubah gaya hidup konsumtif yang bisa anda lakukan.

  1. Buat anggaran belanja

Dengan membuat anggaran belanja anda dapat mengetahui pengeluaran anda sehari-hari dan lebih berfokus pada apa yang harus anda beli karena butuh.

  1. Hindari kartu kredit

Penggunaan kartu kredit membuat anda tidak menyadari berapa besar pengeluaran yang telah anda lakukan. Usahakan untuk tidak menggunakan jika tidak mendesak dan gunakanlah uang konvensional untuk lebih cermat dalam berbelanja.

Gaya hidup konsumtif _ penggunaan kredit card
  1. Kurangi jalan-jalan

Jika godaan terbesar untuk belanja ada di depan mata maka sebaiknya hindari saja. Kurangilah berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan untuk lebih menekan rasa ingin belanja barang-barang yang tidak perlu.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top