Now Reading
Perkembangan Asuransi di Indonesia Mulai Masuki Teknologi Digital

Perkembangan Asuransi di Indonesia Mulai Masuki Teknologi Digital

Saat ini berbagai sektor mulai mengadopsi teknologi digital sebagai pengimplementasian bisnis yang mereka gunakan. Revolusi industri 4.0 merupakan salah satu rancangan yang saat ini menjadi dasar perkembangan berbagai sektor agar nantinya pengimplementasian segala kegiatan lebih mudah dengan pemanfaatan konektivitas antara manusia, mesin dan data.

asuransi di Indonesia

Tidak mau kalah dengan sektor lainnya, perkembangan asuransi di Indonesia beberapa tahun ini berkembang pesat dan mulai menerapkan pemanfaatan teknologi digital dan big data.

Perkembangan ini juga mendapatkan dorongan dari pemerintah secara langsung, menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution teknologi menjadi modal penting bagi perkembangan asuransi di Indonesia kedepannya. Pemanfaatan teknologi akan memberikan kemudahan di berbagai aspek yang memang berhubungan langsung dengan kegiatan yang ada dalam ruang lingkup dunia asuransi.

teknologi big data

Untuk industri asuransi sendiri, pemanfaatan teknologi yang relevan dan tepat guna dalam proses operasional (biasa disebut InsurTech) dapat dijalankan dengan aplikasi mobile (misalkan untuk memberikan notifikasi terkait pertanggungan asuransi untuk seperti tagihan untuk pembayaran premi); Artificial Intelligence (AI) (misalkan dalam bentuk algoritma dan robot, yang bisa digunakan untuk proses pemasaran, serta berkomunikasi dengan pelanggan).

See Also

Lalu, Smart contract (fungsinya untuk penyusunan dokumen secara otomatis berdasarkan pada kode yang sudah diinputkan); dan Teknologi blockchain (berguna untuk pertukaran nilai atau data melalui internet tanpa perantara untuk basis data transaksi pelanggan).

“Bukan hanya persoalan teknologi, tapi ada masalah juga dalam pengumpulan data nasabah. Anda tidak bisa melahirkan langkah besar inovasi dalam dunia asuransi jika data tidak tersedia dengan baik. Kalau bicara dunia asuransi, harus ada kecerdikan dengan data terbatas tapi mampu melahirkan inovasi, baik dalam hal produk, layanan, dan lain sebagainya. Jadi bisa bersaing dengan dengan negara lain,” kata Menko Darmin dilansir dari www.ekon.go.id.

Jika perusahaan asuransi di Indonesia mampu menerapkan teknologi digital dengan baik maka perkembangan asuransi di Indonesia kedepannya sudah bisa dipastikan akan sejalan dengan perkembangan teknologi dan tidak usang.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.