Kerajinan dari Kerang Laut Tembus Pasar Ekspor

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki luas perairan terbesar di dunia. Tak heran hasil laut Indonesia sangat melimpah. Bahkan tidak hanya ikan, spesies lain yang ada dilaut juga mampu menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi. Selain mencari ikan, para nelayan Indonesia biasanya membuat produk kerajinan dari hasil laut. Beberapa yang sering dibuat adalah kerajinan dari kerang laut.

Kerajinan yang berbahan dasar kerang laut ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Bahkan mampu menembus pasar ekspor. Permintaan pasar dari produk kerajinan ini dari Negara-negara di Eropa cukup tinggi. Bentuknya yang unik dan menarik membuat kerajinan dari kerang laut disukai di Eropa.

Lampu hias dari kerang laut

Di Indonesia ada berbagai jenis kerang laut dengan bentuk yang cantik. Hal ini membuat hasil dari kerajinan ini sangap menarik. Bahan dari kerang laut tersebut biasanya dijadikan sebagai kalung, gelang, bingkai foto, bingkai cermin, lampu hias, dan sebagainya.

Kerajinan dari kerang laut digunakan sebagai hiasan ruangan seperti kamar, ruang keluarga, dan dapur. Beberapa orang juga menjadikan kerajinan ini sebagai kado untuk seseorang. Di Indonesia untuk mendapatkan kerajinan kerang laut cukup mudah. Hampir semua tempat wisata yang berada di dekat pantai dapat ditemui penjual kerajinan dari kerang laut.

Wilayah Indonesia yang terkenal dengan pengrajin kerang laut adalah Bali dan Jawa bagian selatan. Biasanya produk yang dijual memiliki kerapian serta kualitas yang bagus. Tak heran banyak wisatawan asing membeli kerajinan tangan ini untuk dijadikan oleh-oleh ke negara asalnya. Wisatawan asing sangat menyukai bingkai cermin yang terbuat dari kerang laut.

See Also

Sebenarnya bisnis kerajinan dari kerang lain sangat menjanjikan sayangnya banyak dari mereka yang tidak memiliki ketrampilan khusus dan kurangnya pengetahuan dalam pemasaran bisnis ini. Sehingga mereka hanya mengandalkan penjualan di pusat oleh-oleh yang berada di obyek wisata di sekitar pantai.

Proses pembuatan karajinan laut yang berasal dari kulit kerang diawali dengan pengumpulan keran yang berasal dari nelayan atau para pengumpul keran. Setelah itu, pilah bentuk kerang yang terkumpul. Kulit kerang yang telah dibersihkan selanjutnya di oven sehingga membuat kulit kerang menjadi lebih lunak. Tujuannya adalah agar mudah dibentuk.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.