Now Reading
TransJakarta Tambah 20 Bus Pink Khusus Perempuan untuk Cegah Pelecehan Seksual

TransJakarta Tambah 20 Bus Pink Khusus Perempuan untuk Cegah Pelecehan Seksual

TransJakarta, operator bus rapid transit di Jakarta, akan menambah 20 bus pink khusus perempuan dalam upaya mencegah pelecehan seksual di transportasi publik. Langkah ini merupakan bagian dari program “TransJakarta Women Only” yang diluncurkan pada tahun 2016 untuk memberikan layanan khusus bagi perempuan yang menggunakan transportasi umum.

Program “TransJakarta Women Only” merupakan solusi untuk masalah keamanan perempuan yang sering menjadi korban pelecehan seksual di transportasi publik. Penambahan 20 bus pink khusus perempuan akan meningkatkan aksesibilitas perempuan ke transportasi publik yang aman dan nyaman.

Bus pink khusus perempuan akan beroperasi pada rute-rute tertentu dan dilengkapi dengan CCTV dan petugas keamanan wanita. Perempuan yang ingin menggunakan layanan ini dapat memilih untuk naik bus biasa atau bus warna pink.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan perempuan dalam menggunakan transportasi publik. Selain itu, program “TransJakarta Women Only” juga membuka kesempatan kerja bagi petugas keamanan wanita.

Program ini telah mendapatkan respon positif dari masyarakat, khususnya perempuan yang merasa lebih aman dan nyaman saat menggunakan layanan ini. Hal ini menunjukkan bahwa program ini memang dibutuhkan untuk memberikan solusi atas masalah keamanan perempuan di transportasi publik.

See Also
Ilustrasi LRT (ANTARA)

Meskipun demikian, program bus pink ini juga menuai kritik dari beberapa pihak yang menganggapnya diskriminatif terhadap laki-laki. Namun, TransJakarta menjelaskan bahwa program ini tidak bermaksud untuk membatasi akses laki-laki ke transportasi publik, namun untuk memberikan layanan khusus bagi perempuan yang sering menjadi korban pelecehan seksual.

Dengan adanya penambahan 20 bus pink khusus perempuan, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah pelecehan seksual dan menjadikan transportasi publik yang aman dan nyaman bagi semua orang.

© 2023 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top