Now Reading
Dampak Negatif Dari Gaya Hidup Boros dalam Agama Islam

Dampak Negatif Dari Gaya Hidup Boros dalam Agama Islam

Dalam pengertian yang lebih luas, boros dapat diartikan sebagai perilaku yang sering menghamburkan materi ataupun sumber daya lainnya secara berlebih-lebihan dengan tujuan yang tidak ada manfaatnya. Dalam pandangan islam, tabzir atau boros dianggap sebagai perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT. Pasalnya Allah SWT tidak suka dengan apa yang dilakukam secara berlebih-lebihan. Selain merupakan perbuatan yang tidak disukai Allah SWT, boros juga memiliki bahaya dalam kehidupan yang dijalani.

Berikut bahaya hidup boros dalam Islam yang harus diketahui dan dijauhkan dari kehidupan kita sehari-hari.

Tidak Memiliki Tabungan Dimasa Depan

Karena orang yang boros suka membelanjakan barang-barang yang dianggap kurang dibutuhkan. Maka dalam kehidupan mereka pun juga jauh dari kata menabung. Orang yang boros tidak memiliki antisipasi terhadap masa depannya. Yang difikirkan hanya meneruti hawa nafsu dan keinginannya untuk memperoleh barang atau sesuatu yang ia harapkan saja. Tanpa ada pertimbangan mengenai kehidupan di masa mendatang. Untuk itu, kamu bisa belajar dari tips menabung dalam islam.

Dampak Negatif Gaya Hidup Boros

Tidak Peduli dengan Kehidupan Sosial

Orang yang boros bukan hanya menjadi sikap yang tidak baik dalam kehidupan mereka saja. Melainkan pada kehidupan sosial mereka juga. Artinya orang yang suka melebih-lebihkan atas hartanya terhadap apa yang membuatnya kurang bermanfaat. Akan menjauhkan dari kehidupan sosial yang seharusnya mereka jalin satu di antara yang lainnya. Dalam kehidupan tentu masih banyak saudara yang jauh berada di bawah, dengan standar hidup yang masih jauh dari kata layak. Di sini setidaknya harta yang biasanya dihamburkan tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, melainkan kamu bisa menyedekahkan kepada mereka yang membutuhkan. Namun hal tersebut, nampaknya kurang diperhatikan bagi mereka yang suka hidup boros.

Dampak Negatif Dari Gaya Hidup Boros

Menjauhkan Diri dari Sikap Kurang Bersyukur

Bersyukur menjadi bentuk kenikmatan yang kita rasakan atas apa yang telah diberikan oleh Sang Maha Pencipta. Ketika rasa kekurangan selalu ada dan ingin memenuhi setiap apa yang selalu diinginkan. Maka rasa syukur yang seharusnya ada, menjadi jauh dari kehidupan orang yang selalu memiliki sifat boros. Hal inilah yang menjadikan sifat boros tidak disukai dalam pandangan islam. Karena menjauhkan diri dari rasa bersyukur dengan apa yang dimilikinya. Kamu juga bisa mengetahui manfaat bersyukur kepada Allah dan cara bersyukur menurut islam.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top