Now Reading
Daftar Perusahaan Indonesia yang Sudah Digital Native Enterepise Hingga Awal 2019

Daftar Perusahaan Indonesia yang Sudah Digital Native Enterepise Hingga Awal 2019

Daftar perusahaan Indonesia yang sudah melakukan transformasi digital angkanya di awal tahun 2019 ini mencapai 67,5 %.

Namun faktanya di lapangan berdasarkan temuan dari International Data Coorporate (IDC), perusahaan yang sudah mulai beralih menuju perusahaan Digital Native Enterprise masih terjebak dalam Digitally Distraught.

Transformasi Digital

Dilansir dari wartaekonomi.co.id Direktur Operasional IDC Indonesia, Mevira Munindra menyebutkan bahwa hanya ada 30,8% perusahaan yang sudah masuk fase digitally determined, atau perusahaan yang mengimplementasi dan masuk secara total menuju  transformasi digital dengan karakteristik determinasi yang dipercaya menjadi kunci sukses bisnis.

Daftar perusahaan Indonesia ini merupakan perusahaan yang sudah jelas memiliki arah bagaimana nantinya menjalankan  bisnis dengan metode transformasi digital, menjadikannya sebagai strategi bisnis perusahaan serta melihat jangka panjang 3-5 tahun ke depan.

perusahaan transformasi digital

“Sementara mayoritas belum mempunyai direction yang bisa mencapai ke arah sukses digital transformation itu sendiri. Strategi mereka lebih ke arah taktikal dan tidak terintergrasi secara keseluruhan,” ujar Mevira di sela acara IDC CIO Summit Asia Pasific Series 2019 bertajuk CIO Digital Determination Playbook di Jakarta, Kamis (11/4/2019) dilansir dari wartaekonomi.co.id.

“Sementara inovasi hanya dilakukan satu unit bisnis, bukan sebagai business strategic. Lalu, kolaborasi antarfungsinya juga sangat terbatas atau mereka short term focus saja, hanya mungkin 1-2 tahun,” imbuhnya.

See Also

Sebenarnya ada beberapa kategori yang dijadikan parameter penilaian tentang penerapan Digital Native Enterprise di sebuah perusahaan, salah satu penilaian adalah apakah platform yang diciptakan terintegrasi untuk eskalasi, apakah keuangan inheren dengan nilai bisnis, apakah sudah ada perubahan budaya organisasi, serta apakah strategi yang digunakan merupakan single strategi atau bukan.

Sampai saat ini hampir 67,5 % dari perusahaan yang sudah memanfaatkan transformasi digital untuk bisnis merupakan perusahaan perbankan yang paling digitally determined lantaran mereka paling cepat, baik dari sisi budaya organisasi maupun inovasi misal penggunaan low code software yang makin masif.

Di tahun 2019 ini diprediksikan akan semakin banyak perusahaan di Indonesia yang akan masuk dari transformasi digital sebagai landasan bisnis, hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi dan revolusi industri 4.0 yang berkembang pesat di Indonesia.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.