Now Reading
11 cara perawatan motor matic yang mudah namun terbukti ampuh

11 cara perawatan motor matic yang mudah namun terbukti ampuh

Motor matic hadir sebagai pengembangan dunia otomotif. Kemudahannya dalam mengendarai, penggunaan motor matic di Indonesia, memang sudah massif di berbagai kalangan usia. Sayangnya, banyak masyarakat kita hanya bisa untuk mengendarai motor matic saja, tetapi kurang memperhatikan perawatan motor matic dengan berbagai alasan. Beikut ini 11 cara perawatan sepeda motor matic yang terbukti ampuh.

Displin memanasi motor

Memanaskan mesin motor di pagi hari atau sebelum menggunakannya adalah bertujuan agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin itu lebih maksimal.

Ganti oli secara berkala

Perawatan motor matic yang satu ini tergolong hal paling penting, waktu ganti oli motor matic dilakukan setiap 1000 km. Dan setiap 5000 km untuk pengatian oli garden. Dalam ukuran bulan sekitar 2-3 bulan dalam pengunaan jarak normal.

Perawatan motor matic dengan ganti oli secara berkala

Stabilkan Kecepatan Gas

Bila kecepatan motor dalam kondisi cepat secara tiba – tiba menurunkan gas begitu pun sebaliknya. Dengan kecepatan yang kurang stabil tak hanya akan merusak mesin namun sampai juga pada vanbelt motor.

Lakukan servis rutin

Servis motor sangat diperlukan, mengingat dealer resmi motor anda pasti lebih paham terhadap kondisi mesin dan performa. Baik bagian mesin motor matic maupun komponen yang dibutuhkan motor.

Gunakan Bensin Berkualitas

Kualitas bensin sangat mempengaruhi kualitas mesin motor anda, untuk itu sebaiknya anda mengisi bensin motor pada tempat yang tepat dan dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat – tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya.

Jangan Kehabisan Bensin

Jangan sampai motor matic berhenti dijalan karena bensin habis  karena dapat merusak mesin motor tersebut. Terlebih pada motor matic injeksi. Untuk itu usahakan selalu motor matic jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer.

Memerikasa Kondisi Aki

Aki pada motor jika anda lupa untuk mengeceknya akan berakibat motor anda mati tiba-tiba dan tidak bisa dinyalakan.

See Also

Check kondisi vanbelt dan roler

karena terbuat dari karet dikhawatirkan akan putus di tengah jalan yang mengakibatkan motor berhenti dan tak bisa berjalan lagi.

Ganti Oli Shockbreaker

Selain oli mesin, perawatan matic juga membutuhkan pergatian oli shockbreaker demi kenyamanan anda saat berkendara.

Memeriksa Busi Motor

Perawatan motor matic dengan cek kondisi busi

Busi yang terdapat pada motor sangat berguna agar motor bisa menyala dan digunakan hampir sama dengan kondisi aki anda.

Untuk perawatan yang terakhir adalah anda perlu mengecek ruang transmisi.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.