Now Reading
Syarat perpanjang sim keliling dan sim online

Syarat perpanjang sim keliling dan sim online

Jika anda adalah pengendara, pastikan surat izin mengendarai selalu dalam masa aktif. Bilasudah memasuki tanggal kadluarsa dengan segera lakukan perpanjangan. Syarat Perpanjangan SIM C maupun SIM A tidaklah ribet, jadi tidak perlu memakai jasa calo untuk mengurusinya. Terlebih saat ini sudah ada SIM keliling dan sistem SIM Online yang mempermudah kita memperpanjang sim tanpa perlu repot-repot datang ke polres terdekat.

Berikut syarat yang harus dipenuhi untuk perpanjang sim keliling maupun online.

  1. Syarat Perpanjangan SIM Lewat SIM Keliling
Perpanjang SIM keliling

Perpanjang sim membutuhkan syarat yang hampir sama ketika membuat sim. Anda diharuskan membawa KTP asli, SIM Asli yang masih aktif/berlaku,Surat Keterangan Kesehatan dari Kedokteran atau sering disebut sebagai KIR Dokter, Fotocopy KTP sejumlah 2 lembar. Untuk melakukan perpanjangan SIM melalui layanan SIM keliling, anda hanya perlu mendatangi mobil khusus layanan sim keliling terdekat yang biasanya di jadwalkan pada hari-hari tertentu sesuai lokasi yang bersangkutan.Setelah datang membawa persayaratan yang lengkap, anda harus antri untuk mendapatkan formulir permohonan sim, Isilah formulir permohonan dengan data diri sesuai KTP yang lengkap dan benar. Jangan lupa membubuhkan tanda tangan pada kolong yang disediakan pada formulir perpanjangan SIM. Setelah semua kolom terisi, anda tinggal melampirkan berkas-berkas yang telah disiapkan,

  1. Syarat Perpanjangan SIM Secara Online
Syarat perpanjang sim online

Perlu diingat bahwa layanan perpanjagan SIM keliling dan SIM online hanya terbatas pada golongan SIM A dan sim c. Dimana SIM A untuk pengendara mobil dan SIM C untuk pengendara sepeda motor. Kedua layanan tersebut patut diapresiasi sangat tinggi, karena semakin mempermudah kita dalam melakukan perpanjangan sim. Nah bagi yang tinggal di daerah perantuan bisa memanfaatkan layanan SIM Online. Mengisi formulir pengajuan perpanjangan SIMMenyiapkan KTP yang masih berlaku bagi Warga Negara Indonesia atau dokumen keimigrasian bagi Warga Negara Asing SIM lama Menyiapkan Surat keterangan lulus uji keterampilan SimulatorMeminta surat keterangan kesehatan mata dari Dokter. Alhasil layanan ini jarang digunakan karena dianggap terlalu ribet dan percuma. Namun bagi yang tinggal diperantuan, layanan SIM Online akan sangat mempermudah perpanjangan SIM karena bisa memperpajang sim di manapun dan kapanpun tanpa perlu balik ke kota asal. Biaya dan prosedur perpanjang sim online juga sama dengan SIM keliling sehingga tergolong terjangkau dan tidak membuat kantong jebol.

© 2019 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top