Now Reading
Sandiaga Uno Pacu Investasi Parekraf Melalui ITIF 2024, Ini Inovasinya!

Sandiaga Uno Pacu Investasi Parekraf Melalui ITIF 2024, Ini Inovasinya!

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terus berupaya meningkatkan investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang berkelanjutan. Salah satu upaya nyata adalah dengan mendorong pelaksanaan International Tourism Investment Forum (ITIF) 2024. Forum ini diharapkan menjadi momentum penting bagi peningkatan investasi di sektor parekraf di Indonesia.

Pada keterangannya, Sandiaga menyebutkan bahwa ITIF 2024 akan digelar di kawasan proyek strategis nasional (PSN) Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Ini adalah kali kedua forum ini diselenggarakan di Indonesia, setelah sukses dilaksanakan di Nusa Dua, Bali, pada 2023.

“ITIF 2024 mengusung tema ‘Elevating Tourism Investment for Sustainable Growth’ dan platform ini memang kita arahkan kepada pariwisata berkelanjutan karena planet, people, dan prosperity selalu menjadi acuan pengembangan parekraf,” ujarnya kepada wartawan.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Rizki Handayani, menambahkan bahwa ITIF 2024 akan berlangsung pada 5-6 Juni 2024 di Swissotel PIK. Acara ini akan diisi dengan berbagai side event seperti sesi diskusi meja bundar dengan beberapa delegasi negara seperti India dan Rusia, membahas investasi di sektor parekraf.

“Ada juga roundtable yang terkait dengan potensi peluang Indonesia secara umum di mana pemerintah daerah yang punya proyek akan menampilkan rencana proyek di hadapan calon investor,” jelas Rizki.

Direktur Promosi Wilayah Amerika dan Eropa, Kementerian Investasi/BKPM, Sri Endang Novitasari, menjelaskan bahwa investasi di sektor parekraf memiliki masa pemulihan yang sangat cepat. Pada masa pandemi Covid-19 sekitar tahun 2020, investasi di sektor ini mengalami penurunan hingga 35%. Namun, pada 2021, terjadi peningkatan investasi sebesar 46%, menunjukkan bahwa sektor parekraf sangatlah menjanjikan.

“Adanya ITIF ini harapannya tentu saja bisa mendorong masuknya lebih banyak investasi-investasi asing,” kata Endang. Ia menegaskan bahwa percepatan pemulihan dan pertumbuhan sektor parekraf menjadi bukti daya tarik besar bagi investor asing.

Wakil Ketua Umum Bidang Parekraf Kadin Indonesia, Triawan Munaf, juga menyuarakan harapannya agar ITIF mampu meningkatkan investasi asing di sektor parekraf. Menurutnya, ITIF menjadi salah satu kolaborasi penting antara dunia usaha dan pemerintah untuk menarik investor.

“ITIF jadi salah satu kolaborasi dunia usaha dan pemerintah untuk menarik investor guna mendorong pertumbuhan sektor Parekraf lebih cepat dan besar. Kami berharap investasi yang masuk dapat terus mendukung pertumbuhan sektor Parekraf yang berkelanjutan,” ujarnya.

Dengan pelaksanaan ITIF 2024, Indonesia berkomitmen untuk menarik lebih banyak investasi di sektor parekraf. Upaya ini tidak hanya untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi tetapi juga untuk memastikan bahwa perkembangan tersebut bersifat berkelanjutan dan ramah lingkungan. Keterlibatan berbagai pihak, mulai dari pemerintah daerah hingga pelaku usaha, diharapkan mampu menciptakan sinergi yang kuat untuk menarik minat investor.

See Also
Ilustrasi LRT (ANTARA)

Melalui ITIF 2024, peluang untuk menampilkan proyek-proyek strategis di hadapan calon investor internasional semakin terbuka lebar. Ini merupakan langkah konkret yang diambil oleh Kemenparekraf untuk memastikan bahwa sektor parekraf Indonesia dapat tumbuh dengan pesat dan berkelanjutan.

Dengan demikian, setiap investasi asing yang masuk akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan dan pengembangan sektor parekraf di Indonesia. ITIF 2024 diharapkan menjadi titik tolak bagi pertumbuhan investasi yang lebih inklusif dan berkelanjutan di sektor ini, menjadikan Indonesia sebagai destinasi utama bagi para investor global.

Melalui kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha, dan investor, sektor parekraf di Indonesia diharapkan mampu mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi, berkelanjutan, dan memberikan manfaat luas bagi masyarakat.

Demikian informasi seputar perkembangan investasi di sektor parekraf. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Denotasi.Com.

© 2023 Denotasi | All Rights Reserved.

Scroll To Top